Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ruangbelajar by Ruangguru, Pilihan Tepat Orang Tua untuk Mendukung Pendidikan Anak Tercinta

Ruangbelajar by Ruangguru, Pilihan Tepat Orang Tua untuk Mendukung Pendidikan Anak Tercinta. Tahun ajaran baru telah dimulai. Sayangnya, tidak ada yang berubah dari tahun lalu. Tahun ajaran kali ini banyak pihak menetapkan Pembelajaran Jarak Jauh demi keamanan dan kenyamanan semua pihak. Wacana untuk melakukan pembelajaran tatap muka harus ditunda karena kasus Covid yang kembali meningkat.

Di balik itu, ada sedikit berita bahagia. Vaksin kini tersedia untuk anak pula. Di Surabaya sendiri terdapat kegiatan vaksin untuk siswa SMP dan SMA beberapa waktu lalu dengan sistem undangan. Bisa dikatakan hal tersebut adalah awal yang baik. Siswa kini dapat mempersiapkan diri untuk potensi pembelajaran tatap muka meskipun waktu dari kegiatan tersebut belum dapat dipastikan.

Selama PJJ ini, banyak pihak yang merasa kurang. Pengalaman saya sendiri, banyak orang tua di sekitar saya yang mengeluh jika anak mereka mendapatkan pembelajaran yang terbatas selama sekolah online alias pembelajaran jarak jauh. Begitupun dengan anak, mereka sempat bercerita bila pelajaran yang disampaikan seakan lenyap sesaat setelah disampaikan. Dalam keadaan seperti ini, bisa dikatakan anak tidak mendapatkan pembelajaran yang optimal. Banyak orang tua yang was-was bagaimana nasib anak mereka saat sekolah tatap muka nanti. Bagaimana pengetahuan dan karakter anak saat mulai masuk sekolah seperti biasa. Mereka tidak bisa berpikir optimis. Sementara bimbel tatap muka juga cukup menghawatirkan karena orang tua masih ragu untuk memasukkan mereka di masa pandemi ini.

Untungnya, ada aplikasi layanan belajar yang dapat diakses dengan mudah dan aman. Salah satunya adalah Ruangbelajar by Ruangguru. Ruangbelajar merupakan satu di antara banyak produk dari RuangGuru yang dapat meningkatkan kualitas belajar anak.

1.     Mengapa Pilih Ruangbelajar by RuangGuru?


Ruangbelajar by Ruangguru


Ada banyak keunggulan yang diberikan oleh Ruangbelajar sebagai tempat bimbingan modern dibandingkan bimbingan belajar yang masih berbasis konvensional. Misalnya, dari segi biaya. Bimbel biasa akan mengeluarkan banyak uang per tahunnya. Sementara Ruangbelajar dapat diakses setiap saat hanya dengan Rp 1.000,00 (seribu rupiah) per hari. Bimbingan belajar versi lama fokus pada pertemuan tatap muka yang terbatas pada tempat, waktu, dan kondisi. Sementara Ruangbelajar memberikan kelelusaan bagi penggunanya untuk mengakses di mana saja dan kapan saja.


fitur Ruangbelajar


Bimbingan belajar zaman dulu memiliki metode pembelajaran yang statis dengan guru yang terbatas. Sementara Ruang belajar memiliki metode pembelajaran yang menarik didukung dengan animasi keren serta pengajar kompeten.

Jika biasanya siswa akan membawa buku kumpulan soal dan materi yang betumpuk-tumpuk, di Ruangbelajar materi dan kumpulan soal dikemas secara menarik dan paperless. Sehingga lebih praktis dan ramah lingkungan. Akses yang diberikan pun terasa lebih mudah karena pencarian pada materi maupun soal bisa dilakukan dengan cepat.

Selain Ruangbelajar, Ruangguru memiliki fitur yang beragam untuk mendukung kualitas anak dalam belajar di antaranya RuangGuru PET, RuangGuru Adventure, jadwal belajar, asah otak, bank soal, laporan belajar, rencana belajar, pet mission, dll. Berikut penjelasan lebih lengkap dari beberapa fitur terbaru yang tersedia di Ruangguru.

 

A.     Jadwal Belajar

Fitur baru Jadwal Belajar memiliki fungsi yang baik untuk manajemen anak dalam mengondisikan waktu belajar dan waktu di luar kegiatan belajar. Pada fitur ini, anak dapat membuat jadwal sesuai keinginan mereka dan bisa juga membuat jadwal instan yang telah ditur oleh sistem. Pada jadwal ini, anak dapat memilih mata pelajaran, hari, dan jam tententu untuk memulai. Jika kegiatan belum selesai, anak bisa membuat jadwal lagi untuk kegiatan yang ingin dilanjutkan. Jika sudah selesai, anak dapat memberikan tanda centang pada bagian tersebut.


Ruangguru gratis


B.     Asah Otak

Setelah memahami materi dan mencoba beberapa soal, terkadang anak masih ragu dengan kemampuan mereka. Untuk itu, terdapat fitur baru yang dapat menantang sekaligus menguji pemahaman anak pada materi yang telah didalami. Pada fitur Asah Otak ini, anak dapat mengerjakan beberapa pertanyaan yang diberikan. Jika ada materi yang kurang, akan ada daftar video materi yang tersedia untuk memperbaiki kesalahan saat melakukan kegiatan pada fitur Asah Otak.

 

C.      Pet Mission

Pada awal bulan Juli ini Ruangguru merilis Pet Mission yang dapat menemani anak dalam melakukan kegiatan belajar. Dalam fitur tersebut, terdapat tiga karakter bernama Modo (komodo), Candra (cendrawsih), dan Harry (harimau). Modo memiliki warna khas yakni merah. Candra memiliki warna khas kuning dan hijau. Sedangkan Harry memiliki warna khas cokelat dan ungu.


fitur pet mission by Ruangguru


Masing-masing karakter memiliki tiga bentuk evolusi yang keren. Semakin anak rajin belajar, hewan yang menemani mereka akan tumbuh semakin cepat. Dengan rasa antusias dan semangat yang diberikan oleh fitur ini, anak tidak merasa terbebani oleh kegiatan belajar yang telah dilakukan.

 

Nah, jangan biarkan anak merasa terombang-ambing dengan kondisi saat ini. Kita tidak bisa menyalahkan situasi yang membuat pembelajaran jarak jauh, karena sekolah tatap muka juga belum dapat dilakukan. Lebih baik kita memberikan jalan terbaik agar anak mendapatkan pendidikan optimal tanpa membahayakan keamanan mereka. Belajar berkualitas dan menyenangkan bisa kita berikan dengan produk yang tepat contohnya Ruangbelajar by RuangGuru.


9 komentar untuk "Ruangbelajar by Ruangguru, Pilihan Tepat Orang Tua untuk Mendukung Pendidikan Anak Tercinta"

  1. Ruang belajar by ruang guru memang pilihan tepat bagi orang tua yang perhatian dengan pendidikan anak ya mbak

    BalasHapus
  2. Pas new normal udah seneng ya mbak, mau masuk sekolah tatap muka lagi. Eehh ga lama covid menyerang lagi dan mau ga mau sekolah harus online lagi. Orang tua harus banyak sabar nih. Untung ada ruangguru yang jadi membantu orang tua juga

    BalasHapus
  3. Seru banget ruangbelajar ini ya mbak, apalagi dengan adanya pet mission. anak-anak jadi makin suka. Belajar pun jadi lebih menyenangkan.

    BalasHapus
  4. Anakku suka banget pake ruang guru karena cara penjelasannya mudah dan ringan

    BalasHapus
  5. Ruang guru emng ngebantu ortu terutama mamanya bwt bimbing anak bljar

    BalasHapus
  6. Ruang guru bener2 ngebantu kita di saat2 seperti ini ya mam. Apalagi sistem daring dari sekolah menurutku kurang efisien

    BalasHapus
  7. Waah ada pet mission yang bisa mengajak anak untuk terus belajar dan tanpa tekanan ya moms? Keren nih fiturnta 😍

    BalasHapus
  8. Ruang Guru solusi belajar yg efektif buat anak. Belajarnya fun jadi anak enjoy

    BalasHapus
  9. Ruangbelajar by Ruangguru ini banyak banget fiturnya ya Mbak, Adaptop fitur baru juga tuh br launching di bulan Juli ini. Kayaknya anak saya mau beli paket Ruangbelajar ini deh insyaallah. Nice info Mba...

    BalasHapus