Buku Kisah 25 Nabi dan Rasul yang Menyenangkan bagi Anak

Halo semuanya, apa kabar? Semoga senantiasa sehat dan dalam lindungan Tuhan ya.

Nah, kali ini saya mau menceritakan sebuah buku yang saya beli minggu lalu. Buku ini berkategori buku anak dengan cerita islami yang di dalamnya berisi kisah dari 25 nabi dan rasul Allah. Jadi, bagi orang tua yang sedang mencari bacaan bermanfaat bagi anak atau calon orang tua yang ingin anaknya kelak mengenal baik 25 nabi serta rasul Allah silakan simak ya….




  • Informasi Umum Buku

Buku ini memiliki judul Kisah 25 Nabi dan Rasul karya penulis Erna Fitrini dan illustrator Nalarstudio. Buku ini telah mengalami naik cetak delapan kali dan yang kedelapan inilah yang saya punya pada tahun 2020. Buku ini diterbitkan Pelangi Mizan dan didistribusikan oleh Mizan Media Utama.

Jumlah halaman dari buku ini sendiri ada 114 halaman. Kertas yang dipakai cukup tebal seperti kertas tabloid atau majalah. Sehingga tidak gampang sobek dan terlihat benar jika kualitas kertas termasuk dalam golongan kertas yang bagus.

Secara sekilas, buku ini sudah bisa menarik mata para pembaca. Bagaimana tidak? Desain cover yang berwarna merah dengan gambar beraneka ragam tertata indah di atas sampul yang berjenis hard cover. Selain itu, terdapat tulisan BEST SELLER yang tentu saja semakin memancing minat pembaca. Julukan tersebut kemungkinan muncul karena penjualan yang hadir sebelumnya. Dibuktikan dengan buku ini yang mengalami naik cetak sejumlah delapan kali.


  • Desain Sampul Depan Meningkatkan Metode Menghafal Anak

Sampul depan dari buku ini sangat unik dan memiliki konsep yang jelas. Sangat cocok dijadikan sebagai sampul buku anak yang notabene tahap pembelajaran mereka dibantu dengan hal-hal hafalan. Mengapa bisa seperti itu? Buku Kisah 25 Nabi dan Rasul ini memiliki sampul depan yang berisi 25 gambar yang memberi ciri khas di setiap cerita nabi di dalam buku (logo mizan dan bagian judul tidak termasuk). Contohnya seperti terdapat gambar buah di bagian pojok kiri atas yang menandakan kisah Nabi Adam. Ada juga gambar sebuah buku seperti Quran yang mencirikan benda milik Nabi Muhammad. Nah, dengan gambar-gambar tersebut, anak akan lebih mudah menghafal nabi dan suatu kejadian yang istimewa melalui gambar benda tersebut.



Bagaimana cara kita mengetahui jika seorang nabi ditandai dengan suatu gambar? Bagaimana jika anak salah dalam memahami? Bunda dan ayah tidak perlu khawatir, karena di sampul belakang terdapat petunjuk agar pembaca tidak salah mengurutkan dan menghafal gambar. Sehingga kemungkinan anak salah memahami amatlah kecil.

Selain 25 gambar yang begitu bermanfaat, ada juga judul buku yang disertai gambar menarik. Gambar tersebut berupa hewan yang menaiki kapal. Hayo, siapakah nabi yang memiliki ciri khas dengan sebuah kapal? Ayah dan bunda harus tahu terlebih dahulu sebelum memberi pemahaman pada anak ya, agar anak semakin percaya sekaligus bangga dengan orang tua yang membimbing mereka.

Nah, ada juga logo yang menandakan bahwa buku ini adalah untuk anak-anak. Namun, menurut saya buku ini bukan sekadar untuk anak-anak. Bisa juga untuk remaja bahkan juga orang dewasa. Karena selain untuk menambah ilmu, ilustrasi serta warna-warna yang disuguhkan sangat menarik untuk segala umur.


  • Ilustrasi yang Unik Bisa Memicu Imajinasi pada Anak

Bagaimanapun sudah menjadi sifat alamiah anak untuk mudah merasa bosan jika dihadapkan dengan hal-hal yang sama secara terus-menerus. Otomatis, dalam tahap membaca buku pun anak bisa merasa bosan dan tidak tertarik lagi. Namun, akan sedikit beda jika buku yang dibaca memiliki gambar-gambar yang menggugah niat anak untuk membuka buku.

Bagaimana jika anak hanya ingin mengamati gambar dan tidak membaca? Bagi saya tidak masalah. Saat anak tertarik dengan gambar-gambar yang ada, kebanyakan dari mereka akan menanyakan apa gambar tersebut, mengapa gambar yang ada bisa seperti itu, dsb. Secara tidak langsung mereka juga ingin menggali informasi dari gambar tersebut. Kita tidak perlu memaksa anak untuk membaca hingga tandas. Jangankan anak, orang dewasa pun kadang malas untuk membaca. Jadi, biarkan anak melakukan kegiatan belajar secara bertahap. Mungkin melalui gambar terlebih daluhu, barulah dia mau membaca sedikit demi sedikit. Bisa juga jika anak begitu antusias hingga langsung membaca dibarengi dengan pengamatan terhadap gambar-gambar.


  • Warna Latar dan Tulisan yang Variatif dan Mencegah Anak Bosan

Selain ilustrasi yang menarik, permainan font dan juga warna latar bisa membuat buku terlihat variatif. Anak-anak pasti menyukai berbagai warna yang disajikan, tidak melulu warna kertas yang putih maupun kecokelatan. Jadi, dalam buku ini, di setiap ceritanya memiliki warna tulisan maupun latar yang berbeda-beda. Contohnya, kisah Nabi Adam ditulis dengan warna putih, kisah Nabi Idris ditulis dengan warna hitam, firman dalam kisah Nabi Idris ditulis dengan warna cokelat muda.




  • Cocok untuk Bacaan Sebelum Tidur

Cara berkisah dalam buku Kisah 25 Nabi dan Rasul tidak serta merta langsung masuk pada inti. Ada beberapa pengantar yang bisa dibaca oleh orang tua sebagai pembuka cerita. Selain bisa dibaca kapan saja, waktu yang paling pas untuk berkisah menurut saya adalah sebelum tidur. Saat itu anak akan lebih tenang dan mau mendengarkan.


Pengantar kisah sebelum masuk pada inti cerita yang sesungguhnya bisa dilihat pada kisah Nabi Adam, Nabi Nuh, Nabi Shaleh, Nabi Ibrahim, Nabi Ismail, dan Nabi Yunus.


  • Isi dalam Buku Kisah 25 Nabi dan Rasul

Pada lembar pertama terdapat gambar dari judul buku. berbentuk kecil-kecil dan berjajar banyak. Di lembar selanjutnya terdapat lafal bismillahirrahmanirrahim dalam tulisan Arab. Dengan adanya tulisan tersebut, kita dapat mengajarkan anak jika dalam kegiatan membaca pun kita harus mendahuluinya dengan ucapan basmalah. 




Selanjutnya terdapat informasi umum tentang buku. Di halaman berikutnya terdapat gambar yang persis dengan sampul depan, hanya saja dengan latar berwarna putih.




Nah, selanjutnya adalah daftar isi. Pada bagian ini terdapat gambar ciri khas, judul, dan keterangan halamam. Ada 25 kisah yakni Nabi Adam, Nabi Idris, Nabi Nuh, Nabi Hud, Nabi Shaleh, Nabi Ibrahim, Nabi Luth, Nabi Isma’il, Nabi Ishaq, Nabi Ya’qub, Nabi Yusuf, Nabi Ayyub, Nabi Dzulkifli, Nabi Syu’aib, Nabi Yunus, Nabi Musa, Nabi Harun, Nabi Daud, Nabi Sulaiman, Nabi Ilyas, Nabi Alyasa’, Nabi Zakariya, Nabi Yahya, Nabi Isa, dan Nabi Muhammad. Kemudian, ditambah halaman kepustakaan yang berisi beberapa daftar rujukan hingga dapat terbentuklah buku ini.




Yup, sekarang saya akan membahas tentang pesan moral dari kisah-kisah yang tersaji. Layaknya kisah nabi dan rasul yang kita kenal, kisah di dalam buku ini pun sarat akan amanat. Hal tersebut bisa berupa seberapa besar kekuatan iman kita kepada Allah hingga perilaku kita terhadap sesama umat manusia. Kita ambil contoh kisah Nabi Isa a.s. Dikisahkan jika Maryam melahirkan seorang bayi tanpa menikah dan memiliki suami. Semua menuduh Maryam sebagai pezina, padahal selama ini Maryam merupakan perempuan yang taat dan suci. Namun, semua orang terus saja memojokkan Maryam hingga akhirnya Allah memerintahkan Maryam agar orang-orang bertanya pada si bayi, bukan pada Maryam. Saat itulah bayi Nabi Isa berbicara dan semua orang takjub.

Dari kisah itu, kita bisa memberikan penjelasan pada anak bahwa kita tidak boleh sembarangan menuduh orang sebelum memiliki bukti. Dalam kisah tersebut, orang-orang terlalu gegabah hingga menyakiti hati Maryam. Untunglah pertolongan Allah selalu ada bagi hambanya yang sabar dan taat. Sehingga Maryam terbebas dari fitnah,


Yak, itu tadi ulasan saya tentang buku Kisah 25 Nabi dan Rasul. Sangat menarik dan bisa menjadi bacaan bermanfaat bagi putra dan putri kita sebagai muslim. Jadi, selain agar dekat dan lebih mengenal rasul, anak juga diajak untuk meneladani apa yang telah terjadi pada mereka.

Sekian dari saya. Semoga ulasan ini bermanfaat sebagai referensi sebelum bunda dan ayah membeli buku untuk anak tercinta. Jika ada pertanyaan maupun saran jangan sungkan untuk taruh di kolom komentar ya. Sampai jumpa di ulasan selanjutnya. Terima kasih.



Nur Asiyah
Nur Asiyah Penulis yang berkecimpung di dunia fiksi dan memulai langkahnya pada non-fiksi di pena-biru.com

8 komentar untuk "Buku Kisah 25 Nabi dan Rasul yang Menyenangkan bagi Anak"

  1. Artikel ini sangat bermanfaat untuk menambah minat baca orang orang, dengan adanya ulasan buku seperti ini membuat orang orang tertatarik untuk membaca buku

    BalasHapus
  2. Wah sangat bemanfaat sekali artikelnya. cocok untuk dijadikan referensi. Sama seperti http://www.santriasyik.com yang membahas masalah yang sama

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih kak. Selalu membuat karya dalam kebaikan ya. ..

      Hapus
  3. MasyaAllah bagus ni untuk mendidik anak, sayangnya saya belum punya anak wkwk. tapi gpp deh ilmu nya untuk persiapan nanti kalo sdh punya anak hehe. terima kasih dan kerja samanya min hehe

    BalasHapus

Posting Komentar