Pengertian, Contoh, dan Daftar Kata Diftong Gugus Konsonan dalam Bahasa Indonesia

Halo semuanya. Apa kabar? Semoga selalu dalam keadaan sehat dan bahagia. Kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian, contoh, dan memberikan beberapa daftar kata dari diftong serta gugus konsonan (biasa disebut kluster) dalam bahasa Indonesia. Nah, pengetahuan ini cukup penting terutama untuk siswa SMP, SMA dan mahasiswa Jurusan Bahasa Indonesia. Selain itu, masyarakat umum juga perlu mengetahui agar bisa menerapkan pengetahuan ini dalam kehidupan sehari-hari terutama, dalam bahasa tulis. Apalagi untuk orang tua agar si kecil tidak salah arah. Orang tua wajib mengetahui dan mengarahkan anak dengan penjelasan yang benar. Sehingga, bisa saja di sekolah si kecil hanya butuh pengetahuan tambahan, karena dia telah mendapatkan pembelajaran dari orang tua sebelumnya. Yuk, simak penjelasan berikut ini. Selamat membaca.


  • Pengertian Diftong dan Gugus Konsonan
Baik diftong maupun gugus pada dasarnya memiliki pengertian yang sama, hanya saja yang membedakan adalah di satu pihak merupakan huruf vokal dan pihak yang lain adalah huruf konsonan. Jadi, pengertian diftong ialah gabungan bunyi vokal dalam satu suku kata. Sementara gugus ialah gabungan bunyi konsonan yang ada dalam satu suku kata.

  • Contoh Diftong
Beberapa huruf vokal yang berdampingan dalam sebuah kata belum tentu merupakan diftong. Sehingga dalam menentukan sebuah diftong kita perlu memperhatikan apakah deretan tersebut masih dalam satu suku kata. Beberapa wujud diftong yakni ai, au, ei, dsb. Contohnya pada deretan huruf vocal ini.
a.       Harimau : hewan buas yang memakan daging dengan wujud seperti kucing besar.
Kata -mau di sini merupakan satu suku kata. Huruf vokal au di situ merupakan sebuah diftong.
b.      Daun: bagian tanaman yang tumbuh berhelai-helai pada ranting pohon.
Huruf vokal -au- tersebut bukanlah diftong karena tidak berada dalam satu suku kata. Suku kata dari kata daun yakni berbentuk seperti ini, da-un.
c.       Linear : berbentuk seperti garis
Dalam kata linear terdapat vokal yang bersebelahan yakni ea. Akan tetapi, apakah dua huruf vokal tersebut adalah diftong? Sebelum menjawab, kita bisa menguraikan suku kata dari kata linear yakni li-ne-ar. Nah, dari sini, tentu kalian tahu jawabannya, kan?

  • Contoh Gugus Konsonan
    Sama halnya seperti diftong, huruf konsonan yang berjajar dalam satu kata belum tentu merupakan gugus konsonan. Jadi, kita tetap harus memperhatikan tiap suku kata yang membentuk kata tersebut. Beberapa wujud gugus konsonan yakni pr, ps, kl, ng, ny, dsb. Contohnya pada kata berikut ini.
a.       Sastra : bahasa (kata-kata, gaya bahasa) yang dipakai dalam kitab-kitab (bukan bahasa sehari-hari)
Dalam kata sastra terdapat sebuah gugus. Akan tetapi, dalam kata tersebut terdapat tiga huruf konsonan yang berdampingan. Kira-kira gugus konsonan yang benar berbentuk st atau tr?
Jawabannya adalah tr. Mengapa? Karena suku kata pembentuk dari kata sastra ialah sas-tra. Sehingga, meskipun huruf s dan t berdampingan, mereka bukanlah gugus konsonan (sama halnya meskipun kamu dan dia dekat, tapi belum tentu jodoh, #eh ).
b.      Aksi : sikap (gerak-gerak, tingah laku) yang dibuat-buat.
Dalam kata aksi terdapat huruf konsonan yang berdampingan yakni ks. Namun, dua konsonan tersebut bukanlah gugus konsonan karena tidak berada dalam satu suku kata. Sementara itu, suku kata pembentuk kata aksi yakni ak-si.
c.       Marga : kelompok kekerabatan yang eksogam dan unilinear, baik secara matrilineal maupun patrilineal.
Pasti sudah jelas ya, jika konsonan yang berdampingan yakni rg bukanlah sebuah gugus konsonan. Karena kata marga dibentuk dari suku kata yakni mar-ga.

  • Daftar Kata yang Memiliki Unsur Diftong dan Gugus Konsonan (Kluster)
a.       Kata yang Memiliki Diftong

No
Kata
Diftong
Arti
1
Sungai
ai
Aliran air yang besar (biasanya buatan alam).
2
Damai
ai
Tenteram dan dalam keadaan tidak bermusuhan.
3
Helai
ai
Barang yang tipis lebar seperti daun, kertas, dsb.
4
Dawai
ai
Kawat yang halus.
5
Semai
ai
Benih tumbuhan (yang sudah berkecambah) yang akan ditanam lagi sebagai bibit di tempat lain.
6
Abai
ai
Tidak memedulikan (tidak mengerjakan baik-baik, tidak mementingkan, dan sebagainya).
7
Parau
au
serak
8
Kemarau
au
Kering (tentang musim, ruang perahu sesudah ditimba, dan sebagainya).
9
Rangkaian
ai
Hasil merangkai (menyusun, menggandengkan, dan sebagainya).
10
Gurau
au
Percakapan untuk bermain-main saja.
11
Tauhid
au
Keesaan Allah Swt.
12
Neofilia
ia
Ketertarikan yang berlebihan pada hal-hal atau tren yang baru.
13
Termae
ae
Pemandian umum pada zaman Yunani Kuno atau Romawi kuno.
14
Lampau
au
Lewat, lalu
15
 Gadai
ai
Meminjam uang dalam batas waktu tertentu dengan menyerahkan barang sebagai tanggungan, jika telah sampai pada waktunya tidak ditebus, barang itu menjadi hak yang memberi pinjaman.

b.      Kata yang Memiliki Gugus Konsonan atau Kluster

No
Kata
Gugus Konsonan
Arti
1
Klasik
kl
tradisional dan indah, karya sastra kuno
2
Klerek
kl
juru tulis kelas rendah
3
Klimaks
kl
puncak dari suatu hal
4
Prasangka
pr
pendapat (anggapan) yang kurang baik mengenai sesuatu sebelum mengetahui (menyaksikan, menyelidiki) sendiri.
5
Pribumi
pr
penghuni asli atau yang brasal dari tempat yang bersangkutan.
6
Plagiat
pl
pengambilan karangan (pendapat dan sebagainya) orang lain dan menjadikannya seolah-olah karangan sendiri.
7
Panggang
ng
dipanaskan (dimasak) di atas bara api.
8
Nyinyir
ny
Mengulang-ulang perintah atau permintaan.
9
Nyenyak
ny
Tidak ingat apa-apa lagi (ketika tidur).
10
Plegmatis
pl
bersifat tidak emosional
11
Pongah
ng
sangat sombong dan angkuh(baik tentang perbuatan maupun tentang perkataan)
12
Psikiater
ps
dokter yang ahli dalam penyakit jiwa
13
Hablur
bl
benda keras yang bening seperti kaca
14
Swasta
sw
bukan milik pemerintah
15
Syukur
sy
rasa terima kasih kepada Allah

  • Daftar Kata yang Memiliki Huruf Vokal dan Konsonan Bersandingan (Bukan Diftong dan Kluster)
a.       Kata yang Memiliki Huruf Vokal Bersandingan Tetapi Bukan Diftong

No
Kata
Huruf Vokal Berdampingan
Arti
1
Suara
ua
bunyi yang dikeluarkan dari mulut manusia (seperti pada waktu bercakap-cakap, menyanyi, tertawa, dan menangis)
2
Rasuah
ua
Korupsi
3
Geologi
eo
ilmu tentang komposisi, struktur, dan sejarah bumi
4
Guam
ua
penyakit seriawan (radang pada selaput lendir di mulut)
5
Memiuh
iu
Memegang sesuatu lalu dipilin.
6
Seiras
ei
Berasal atau terbuat dari satu bahan yang tidak bersambung.
7
Seruak
ua
Kenaikan tekanan atmosfer yang lebih tinggi dibandingkan dengan kenaikan akibat gerakan lembangan atau antisiklon di sekitarnya.
8
Bias
ia
Anggota grup idola yang difavoritkan.
9
Nian
ia
Benar, sungguh, sangat, sekali
10
Biliun
iu
Satuan bilangan yang dilambangkan dengan dua belas nol.
11
Seantero
ea
Seluruh, segenap
12
Natrium
iu
Logam alkali lunak berwarna putih perak.
13
Naziisme
ii
Ajaran yang menyerupai ajaran partai fasis Jerman.
14
Neofilia
eo
ia (diftong)
Ketertarikan yag berlebihan pada hal-hal atau tren yang baru.
15
Helium
iu
Gas lamban yang terdapat dalam udara, gas bumi, dan mineral radioaktif.

 
b.      Kata yang Memiliki Huruf Konsonan Bersandingan Tetapi bukan Gugus Konsonan (Kluster)

No
Kata
Huruf Vokal Berdampingan
Arti Kata
1
Objektif
bj, kt
mengenai keadaan yang sebenarnya tanpa dipengaruhi pendapat atau pandangan pribadi
2
Justru
st
tr (kluster)
kata penghubung yang dipergunakan untuk menegaskan bahwa sesuatu benar atau salah
3
Perlu
rl
penting (ada gunanya, harus ada, dan sebagainya)
4
Suntuk
nt
sudah sampai pada batasnya (hingga tidak dapat maju, lanjut, atau naik lagi)
5
Umpama
mp
yang menjadi contoh (persamaan, perbandingan) dengan yang lain-lain
6
Garbis
rb
jenis melon, bentuknya bundar, besar, ringan, berwarna kuning, sangat lunak
7
Genre
nr
jenis, tipe, atau kelompok sastra atas dasar bentuknya.
8
Tampil
mp
melangkah maju (ke muka, ke depan)
9
Tasrih
sr
Penguraian ilmu
10
Adopsi
ps
Pengangkatan anak orang lain sebagai anak sendiri.
11
Daftar
ft
Catatan sejumlah nama atau hal (tentang kata-kata, nama orang, barang, dan sebagainya) yang disusun berderet dari atas ke bawah.
12
Lemping
mp
ng (kluster)
Penganan yang bentuknya tipis dan pipih.
13
Duplikasi
pl
Perangkapan atau perulangan
14
Natrium
tr
Logam alkali lunak berwarna putih perak.
15
Naziisme
sm
Ajaran yang menyerupai ajaran partai fasis Jerman.

  • Tips Mudah Mengenali Suku Kata
    Nah, sebenarnya tips di sini bukan berupa cara khusus untuk menentukan tiap-tiap kata dalam bahasa Indonesia secara manual. Namun, lebih kepada sebuah alat yang bisa membantu kamu untuk lebih mudah membagi suku kata dalam sebuah kata. 
    Bagaimana caranya?Caranya adalah kamu harus membuka aplikasi KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) daring. Selain terdapat arti dari sebuah kata, KBBI daring juga memiliki rincian pemenggalan suku kata yang ditandai dengan titik. Contohnya, kata situasi. Dalam KBBI Daring, kata tersebut akan dipenggal seperti ini yakni si.tu.a.si. 


    Dengan adanya pemenggalan tersebut, kamu akan lebih mudah memahami suku kata dan menemukan deretan huruf manakah yang termasuk dalam diftong dan gugus konsonan. 

Yup. Sekian pembahasan tentang diftong dan gugus konsonan. Semoga bermanfaat dan terima kasih sudah menyimak. Tunggu artikel selanjutya ya. Untuk yang ingin like, komentar, atau saran silakan. Saya sangat menantikannya.


Sumber Pendukung : Kamus Bahasa Besar Indonesia Daring

Nur Asiyah
Nur Asiyah Penulis yang berkecimpung di dunia fiksi dan memulai langkahnya pada non-fiksi di pena-biru.com

28 komentar untuk "Pengertian, Contoh, dan Daftar Kata Diftong Gugus Konsonan dalam Bahasa Indonesia"

  1. Wah, menambah pengalaman dan bermanfaat untuk saya pribadi.

    BalasHapus
  2. Mantap sangat bermanfaat artikelnya

    BalasHapus
  3. Terima kasih Kaka. Pembelajaran yang terlewatkan saat dulu. Ternyata diftong banyak juga digunakan dalam tulisan keseharian, seperti tulisan teman-teman di literasi kalbar.

    BalasHapus
  4. Masih bingung sedikit kak :D But, thanks ya kak materinya

    BalasHapus
  5. Lebgkap banget sih ya. Untuk diftong itu penambahan terbaru di dalam PUEBI yang sebelumnya di EYD belum ada. Bahasa Indonesia ini kaya banget yah😃

    BalasHapus
  6. Menarik, tips untuk mengenal suku kata adalah dengan aplikasi KBBI daring. Kehadiran berbagai aplikasi memang amat membantu. Merasa bersyukur terlahir di zaman yang serba memudahkan ini.

    BalasHapus
  7. Keren artikel nya kk, saya izin ngambil tabel nya ya. Buat di pelajari

    BalasHapus
  8. Huhu setelah membaca artikel ini saya semakin sadar kalo ternyata pelajaran bahasa indonesia di sekolah nggak ada yg nyangkut samsek.
    Btw mbak kalo fungsinya dari tahu diftong dalam suatu kata itu apa ya? Apakah hanya sebagai tuntunan cara mengejanya atau gimana?

    BalasHapus
  9. Baru tau saya, ada istilah diftong, biasanya waktu sekolah cuma tau Konsonan dan Vocal, mungkin ini materi baru yang diajarkan di sekolah-sekolah jaman sekarang ya ?

    BalasHapus
  10. Sudah baca berulang-ulang, tetap saja belum bisa membedakan mana diftong mana yang bukan, mana kluster mana bukan padahal ini penting juga yah buat blogger belajar mengenal bahasa Indonesia yang baik dan benar :) terima kasih sudah share

    BalasHapus
  11. Sudah 2 kali saya coba baca tapi sulit dipahami mas, namanya juga agak lucu diftong, tpi terimakasih mas sudah menambah wawasan saya

    BalasHapus
  12. Keren nih, berkunjung di blog ini selalu dapat ilmu baru. Sukses terus ya!

    BalasHapus
  13. Artikel ini keren, menyangkut unsur sastra yang ada di artikel ini :)

    BalasHapus
  14. Terimakasih artikelnya. Menambah literasi tentang bahasa diftong dan konsonan. Sampai skrng saya juga masih banyak menggunakan kata-kata keliru. Belajar bahasa ibu mudah2 sulit. Hehe, gimana tuh

    BalasHapus
  15. Wah driftong dan gugus itu gitu ya min..
    Baru tau saya, maklum dulu pas sekolah sering bolos pas pelajaran bahasa.. (jgn dicontoh ya) hehehehe

    iotomagz

    BalasHapus
  16. Bagus banget ni infonya.. Dijelasin sampe gamblang apa itu diftong apa itu gugus.. Boleh banget ini buat dishare ke orang tuaa.. Langsung diajarkan ke anak

    BalasHapus
  17. Baru tahu saya tentang Pengertian Diftong dan Gugus Konsonan, terimakasih gan. Menambah ilmu dan wawasan saya. Belum pernah di ajarkan di sekolah waktu dulu.

    BalasHapus
  18. terimakasih gan sudah membuat artikel tentang Diftong soalnya saat saya sekolah tidak pernah mendengar diftong.

    BalasHapus

Posting Komentar