Lancar Menyusui dengan ASI Bernutrisi

 

    “Bocahmu suka sekali menyusu. Hati-hati loh kalau ASI-mu seret. itu si Ina, anaknya umur tiga bulan tapi ASI-nya sudah seret. Maunya lancar menyusui dengan ASI bernutrisi, eh, sekarang malah enggak ada sama sekali.”

    Aku hanya tersenyum mengimbangi ucapan tetangga. Semoga senyuman itu tidak dirasa kecut, meskipun dikeluarkan secara terpaksa.

    “Mbak tahu darimana kalau ASI Ina habis?” tanyaku pada akhirnya.

    “Ya aku tahu, sejak kemarin anaknya dikasih sufor. Katanya, ASI sudah enggak ke luar lagi.”

    Aku tidak mau melanjutkan obrolan. Dengan alasan si anak rewel, aku masuk ke kamar dan menyusui dengan lebih santai. Namun, walaupun aku sudah mencoba untuk tidak ambil pusing, perkataan tetangga tetap saja terlitas. Akhirnya, aku coba bercerita pada suami.

    “Sudah, enggak usah terlalu dipikirkan. Nanti kalau kamu terbebani, ASI-mu malah beneran seret, Ma. Asalkan kamu sudah berusaha memberi ASI bernutrisi untuk anak kita, aku yakin semua akan baik-baik saja. Kalau kamu galau, nanti usaha kamu untuk lancar menyusui malah terhambat.” Begitulah suami mencoba menenangkan. Meskipun tidak 100% berhasil, tetapi saya tahu jika saat ini yang aku butuhkan adalah senantiasa berpikir positif.

**

 

Kalbe Blackmores Nutrition


    Cerita di atas merupakan kejadian yang terkesan remeh bagi sebagian orang tetapi sesungguhnya sangat serius. Bila Anda merupakan seorang yang berpikir jika ASI tidak akan berkurang atau malah macet di saat proses menyusui masih berlangsung, anggapan tersebut adalah salah. Faktanya, ASI tetap bisa berkurang bahkan macet karena beberapa hal seperti stress, terlalu capai, dan kurang asupan bergizi. Sementara ASI sendiri adalah makanan pertama dan utama yang berguna untuk mencukupi nutrisi bayi umur 0 sampai dengan 6 bulan. Sehingga ibu yang sedang dalam proses menyusui harus menjaga diri baik dari lingkungan yang kurang mendukung maupun asupan yang kurang tepat. 

    Apalagi di masa pandemi seperti ini, kebutuhan ASI bernutrisi dan berkualitas sangat dibutuhkan pada anak hingga umur 2 tahun. Karena ASI dapat membangun antibodi untuk melindungi anak dari penyakit seperti diare dan pneumonia. Selain itu menurut WHO, ASI terbukti dapat meningkatkan kecerdasan anak, mengurangi risiko obesitas dan diabetes saat dewasa kelak. Namun, sangat disayangkan, hampir separuh dari keseluruhan bayi di Indonesia tidak mendapatkan ASI eksklusif dan hanya 5% saja yang mendapatkan ASI hingga umur 23 bulan.


Tips Lancar Menyusui dengan ASI Bernutrisi

Nah, untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, berikut beberapa tips yang bisa diaplikasikan oleh ibu agar senantiasa lancar menyusui dan bisa memberikan ASI bernutrisi serta berkualitas hingga 23 bulan, terutama di 6 bulan pertama.


A.     Senantiasa Berpikir Positif

Kita ketahui, jika lingkungan dan orang-orang terdekat memiliki peran penting bagi seorang ibu yang ingin lancar menyusui. Mengapa? Karena lingkungan dan orang-orang terdekatlah yang dapat memberi dukungan, semangat, serta kata-kata manis agar ibu selalu memiliki pikiran yang positif dan ceria. Secara tidak langsung, kondisi mental sang ibu yang baik akan memberikan efek yang bagus bagi ASI. Sehingga, sering tenaga kesehatan  memberi saran agar ibu yang menyusui harus selalu berbahagia, bersemangat, dan memiliki pikiran positif. Dengan sikap seperti itu, ASI berkualitas dan melimpah akan terus tersedia untuk buah hati.


B.     Jangan Berlebihan dalam Berkegiatan

Seorang ibu yang sedang menyusui tidak disarankan untuk melakukan kegiatan secara berlebihan. Efek lelah atau capai akan mempengaruhi kesehatan ibu sekaligus mood yang dirasakan. Hal ini pun secara tidak langsung akan membuat ASI tidak ke luar secara optimal karena tubuh sang ibu telah merasakan beban tersendiri. Jika ASI yang ke luar sedikit, maka asupan untuk buah hati akan kurang. Hal itu bisa menimbulkan si kecil kekurangan gizi dan rewel setiap saat.


C.      Penuhi Asupan Nutrisi Setiap Hari

Lancar Menyusui dengan ASI Bernutrisi 

Seorang ibu yang sedang dalam proses menyusui harus memiliki asupan nutrisi cukup. Karena bagaimanapun, setiap tetes ASI yang ibu keluarkan sangatlah penting bagi si buah hati. ASI bernutrisi, berkualitas, dan senantiasa lancar merupakan wujud kasih sayang ibu pada buah hati tercinta. Untuk memenuhi asupan nutrisi ini, ibu bisa melakukannya dengan cara mengonsumsi makanan bergizi, minum air putih yang cukup, dan mengonsumsi suplemen penunjang seperti Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold. Dengan begitu, sang ibu bisa lancar menyusui dengan ASI bernutrisi.


Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold Penunjang ASI Bernutrisi Untuk Ibu dan Bayi yang Istimewa

Pada masa kehamilan terutama di trimester terakhir, kadang calon ibu merasa khawatir dengan ASI yang akan ke luar nantinya. Kekhawatiran semacam ASI sedikit, ASI kurang nutrisi, dan ASI tidak lancar membuat calon ibu semakin kehilangan rasa percaya diri. Namun, kekhawatiran tersebut tidak perlu dilanjutkan, karena ada Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold yang siap mewujudkan ASI bernutrisi untuk ibu dan bayi yang Istimewa. Sehingga calon ibu dapat mempersiapkan diri sejak masa kehamilan.

Blackmores Pregnancy and Breast Feeding Gold

Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold merupakan produk suplemen kesehan khusus ibu hamil dan menyusui yang diproduksi di Australia dan diimpor oleh PT Kalbe Blackmores Nutrition yang berlokasi di Jakarta, Indonesia. Suplemen ini memiliki kandungan yang lengkap berupa 17 nutrisi esensial di antaranya Asam Folat, Iodium, Minyak ikan, DHA, EPA, Zat besi, Niacin, vitamin C, Kalsium, Zinc, Magnesium, Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamn B12, Vitamin E, dan dunalieila salina cell extract soft concentrate.  Dengan beragam kandungan yang ada, Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold bantu penuhi nutriri ibu sehingga dapat memberikan ASI bernutrisi untuk buah hati. Selain keunggulan di depan, suplemen ini juga tidak menimbulkan mual saat dikonsumsi. Jadi, sangat pas untuk bu hamil dan menyusui. 


World Breastfeeding Week 2020

Setiap tahunnya pada Bulan Agustus diperingati pekan menyusui sedunia terutama tanggal 1 sampai dengan 7 Agustus. Dalam rangka mendukung World Breastfeeding Week tersebut, Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding bekerja sama dengan Bumi Sehat Foundation untuk membantu pemenuhan nutrisi ibu hamil dan menyusui di Indonesia. Bumi Sehat Foundation merupakan organisas nirlaba yang bergerak di bidang kesehatan ibu dan anak, pendidikan, serta lingkungan hidup. Bumi Sehat Foundation pertama kali berdiri di Bali. Kerjasama yang terjalin sejak 2017 itu berwujud berupa bantuan 12.000 botol Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding yang dibagikan di klinik Bumi Sehat setiap tahunnya. Klinik Bumi Sehat saat ini berada di tiga lokasi yakni Denpasar, Aceh, dan Papua.  Kerjasama Blackmores dengan Bumi Sehat Foundation ini memberikan kemajuan positif bagi ibu hamil dan menyusui di Indonesia.


Bumi Sehat Foundation



    Lancar menyusui dengan ASI bernutrisi merupakan impian sekaligus harapan indah bagi setiap ibu. Untuk mewujudkannya, kita dapat mempersiapkan sejak masa kehamilan dengan Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold. Hingga nanti, selalu ada ASI bernutrisi dari ibu untuk bayi yang istimewa.

ASI Bernutrisi untuk Ibu dan Bayi yang Istimewa

    Produk Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold dapat Anda dapatkan di apotek terdekat. Namun, di masa pandemi ini pembelian secara online akan terasa lebih aman dan praktis. Suplemen unggulan ini juga dapat dibeli di E-commerce Shopee, Tokopedia, Lazada, Blibli yang bertuliskan Official Store. Untuk lebih tahu update tentang produk Blackmores Anda bisa ikuti akun sosial media Blackmores Indonesia yakni @blackmoresid dan official website Blackmores. Semoga informasi ini bermenfaat. Berikan yang terbaik bagi buah hati dan tetap pantang menyerah di masa pandemi. Terima kasih.

Nur Asiyah
Nur Asiyah Penulis yang berkecimpung di dunia fiksi dan memulai langkahnya pada non-fiksi di pena-biru.com

27 komentar untuk "Lancar Menyusui dengan ASI Bernutrisi"

  1. Terima kasih bunda atas sharingnya yg sangat bermanfaat. Sukses terus utk blognya

    BalasHapus
  2. Sangat membantu sekali infonya kakak,,semoga bermanfaat untuk semuanya

    BalasHapus
  3. Untuk mendapatkan asi yang berkualitas, asupan gizi pengaruh banget sih buat kualitas asi Ibu, apalagi ditambah asupan dari blakmores, pasti kualitasnya plus plus tuh :)

    BalasHapus
  4. menyusui adalah hal terpenting dan kewajiban kita sebagai ibu ya. senang sekali ada multivitamin yang bisa menunjang kualitas dan kuantitas asi para ibu

    BalasHapus
  5. Waaah makasih banyak informasinyaaa 🥰🥰 buat tambahan ilmu buat bekal nanti kalo udh pny baby .. hehe ..

    BalasHapus
  6. Bagi ibu yang baru melahirkan, ASI ga lancar itu bikin patah hati loh. Makanya perlu semacam suplemen tambahan kaya gini untuk memperlancar ASI

    BalasHapus
  7. Kalau dengerin yang nyinyir padahal enggak ngerti tentang perASIan begini suka kezeel ya...Padahal jika diniati dan ditunjang segala tips seperti yang disebutkan di atas bakal lancar kok mengASIhi. Apalagi ditunjang Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold penunjang ASI bernutrisi untuk Ibu dan Bayi yang istimewa

    BalasHapus
  8. Makasih infonya kak. Kalau orang jaman dulu hanya makan daun katuk supaya asi lancar dan makan makanan mengandunge omega 3, sekarang ada suplemen Blackmores yang bisa menunjang nutrisi asi juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, kadang juga ada yang konsumsi jamu. Tapi kandungan secara spesifik kurang tahu.

      Hapus
  9. Heheeh saya juga lagi menyusui dan konsumsi Blackomores. Rekomen emang..

    BalasHapus
  10. Hai, mbak salam kenal. Makasih nih infonya, jadi bekal pengetahuan buat saya nanti jika jadi ibu biar nanti pas asi seret tahu cara menanganinya 😬

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mbak Hanat. Sama-sama, semoga kita bisa lancar menyusui dan memberikan yang terbaik untuk anak nantinya.

      Hapus
  11. Selain melengkapi kebutuhan nutrisi busui dg Blackmores, perasaan ibu juga hrs happy ya Mbak, si ayah diminta mijetin punggung sambil nyusui, duh nyamannya... Asi pun lancarrr

    BalasHapus
    Balasan
    1. Duh kalau suami begitu bahagianya jadi plus plus mbak. Mau dipijitin tiap hari, haha.

      Hapus
  12. Iya sih ya aku denger kalau menyusui itu harus dengan hati tenang dan ga boleh stress. Sehingga ASI pun lancar dan bayipun senang karena terpenuhinya kebutuhan si bayi

    BalasHapus
  13. Anakku ASI semua nih. Alhamdulillah dulu lancar menyusuinya. Dulu belum ada blacmores gini ya. Sekarang serba praktis dan membantu banget buat ibu menyusui.
    Setuju deh mbak. Selalu berpikir positif bikin kita rileks dan ASI lancar

    BalasHapus
  14. Setuju banget sih agar ibu menyusui selalu berpikir positif. Ini nggk gampang, karena dg kondisi fisik dan psikis nya pasca melahirkan. Mengolah pikiran ini jadi poin penting.

    BalasHapus
  15. Ketenangan berpikir adalah salah satu kunci menyusui. Itu benar.
    Mungkin tetangganya bisa diedukasi tentang ASI. Kalau makin sedikit, tetap susukan saja, tambah minum produk ini. Nanti akan bancar lagi ASInya.

    BalasHapus
  16. Setuju banget, mbak. Di masa sekarang, semua lebih aman kalau transaksi online, termasuk beli blackmores!

    BalasHapus
  17. Wah masyaAllah bisa jadi rekomendasi untuk kakakku yang sedang menyusui nihh

    BalasHapus
  18. Asi booster gini penting ya kak, saya takjub nih ada teman yang punya frezzer isinya asip semua. Sampai di donorkan asipnya keren semoga kelak bisa punya banyak asi juga kalau pas menyusui baby

    BalasHapus
  19. Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold memang recomended ya kak, dan harus bersemangat juga sang ibu supaya ASI yang diharapkan bisa melimpah.

    BalasHapus
  20. Alhamdulillah ya kini ada Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold ini, ibu menyusui jadi makin tenang karena air susunya makin kaya akan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh bayinya

    BalasHapus
  21. Blackmores memang bagus yaa buat kecukupan nutrisi nih
    Oya kak, aku boleh minta kontak Instagram nya, aku mau DM kak :)

    BalasHapus
  22. Lancar memberi ASI tentunya menjadi harapan setiap ibu ya mbak, btw teman2ku juga minum Blackmores, mereka recommended banget soalnya emang kualitasnya bagus buat ibu yg tengah memberi ASI

    BalasHapus
  23. Dengan meminum herbal membuat ibu menyalurkan ASI sangat lancar dan di bayi jadi sehat

    BalasHapus

Posting Komentar