Bentuk Kebiasaan Menyenangkan dengan Sunscreen yang Nyaman : Votre Peau Daily Facial Sun Shield SPF 50 PA++

 

Bentuk Kebiasaan Menyenangkan dengan Sunscreen yang Nyaman : Votre Peau Daily Facial Sun Shield SPF 50 PA++. Beberapa waktu yang lalu seorang teman menghubungiku via WhatsApp. Dia ingin curhat sekaligus meminta saran dengan masalah yang ia hadapi. Bukan soal keluarga, teman, apalagi pacar. Tetapi menyangkut dirinya dan sesuatu yang dia rawat baik-baik yakni, kulit wajah.

Votre Peau Sunscreen

Sebelumnya temanku membeli beberapa produk skincare seperti toner, serum, dan sleeping mask. Dia sengaja memilih skincare yang diformulasikan untuk mencerahkan kulit. Dia rutin memakai skincare tersebut dengan berharap wajahnya akan terlihat lebih cerah dan sehat. Akan tetapi, sangat disayangkan dia belum bisa mendapatkan hal tersebut secara maksimal. Saat itu dia langsung menyalahkan skincare A, B, dan C yang dia beli.

"Tunggu dulu, apa kamu sudah menggunakannya dengan cara yang benar?"

"Sudah, Mbak. Aku melakukan skincare routine tiap malam. Aku aplikasikan serum dengan cara ditepuk-tepuk halus. Aku juga pakai sleeping mask seminggu tiga kali. Tapi enggak ada perubahan yang gimana-gimana. Enggak cerah, enggak makin glowing. Kulitku malah sering kelihatan kusem dan rada gosong gitu di tempat kerja."

"Bentar-bentar, di tempat kerja? Kalau pagi kamu pakai sunscreen enggak?"

"Enggaklah. Aku pakai pelembab doang. Males aku tuh sama sunscreen. Lengket, bikin enggak nyaman."

"Nah, itu. Kayaknya aku tahu kenapa enggak ada perubahan positif dari skincare-mu tadi. Kamu enggak pakai sunscreen untuk melindungi kulitmu."

"Apa iya? Kan, aku kebanyakan kerja di dalam ruangan. Sekarang juga musim hujan. Enggak ada pengaruh dari itu kali, Mbak."

"Ada. Aku saranin kamu buat coba dulu pakai sunscreen. Meskipun enggak panas, kamu juga aktivitas di dalam ruang, tapi sinar UVA dan UVB masih bisa mengenai kulit wajah serta memberi efek buruk pada kulitmu."

"Tapi males banget sama kesan lengketnya sunscreen, Mbak. Bikin tambah berminyak juga. Terus wajah jadi abu-abu gitu."

"Coba dulu. Nanti kukasih tahu produk sunscreen yang cocok buat kamu deh."

"Terus ini gimana? Skincare-ku batal kuhibahin ke Mbak nih? Aku coba saran Mbak dulu?"

"Duh, padahal udah seneng lo aku bakal dikasih skincare A, B, C sama kamu. Tapi aku lebih sayang sama wajahmu. Kamu coba saranku dulu aja dan semoga skincare itu makin menunjukkan hasil nantinya."

Awalnya temanku masih ngotot untuk tidak mengaplikasikan sunscreen. Apalagi coba re-apply tiga jam sekali. Namun, berjalan sekitar seminggu dia mulai terbiasa dan mendapatkan hasil baik dari tindakan tersebut. Dari sini dia tahu jika sebuah keberhasilan produk skincare tak hanya dari Ingredients serta cara pemakaian yang tepat, tetapi juga dari proteksi kulit yang baik dan kuat. SUNSCREEN IS A MUST!

*

Nah, ada yang punya masalah seperti temanku tadi? Merasa skincare yang dipakai kurang menunjukkan hasil maksimal. Atau memiliki masalah kulit kusam, kemerahan, atau kulit mudah gosong? Bisa jadi hal tersebut menimpa karena kamu tidak apply dan re-apply sunscreen.

Sunscreen merupakan bagian skincare yang harus alias wajib dipakai di pagi hingga menjelang malam untuk melindungi kulitmu dari dampak buruk sinar UVA dan UVB. Apakah di rumah harus pakai? Lagi hujan juga pakai? Yup. Apapun cuacanya dan di manapun kamu berada, sunscreen tetap harus diaplikasikan pada kulit wajah. Lebih baik mencagah hal-hal buruk daripada mengobati yang dirasa berkali-kali lebih sulit.

Dalam pemakaian sunscreen memang banyak orang merasa enggan karena produk tersebut sering memberi efek tidak nyaman misal lengket, menimbulkan minyak berlebih, dan menimbulkan kesan abu-abu (whitecast). Eits, tidak semua produk sunscreen memberikan efek seperti itu lo. Aku memiliki rekomendasi produk sunscreen yang minim dengan kesan-kesan menyebalkan seperti yang kusebutkan sebelumnya tetapi tetap sesuai dengan fungsi.

Wih, keren ya. Produk luar negerikah? Jangan-jangan enggak BPOM. Hhhmmm ,,, jangan suuzon dulu ya. Pertama, produk sunscreen ini berasal dari brand lokal. Produk Indonesia dengan kualitas yang enggak kalah sama produk luar tentunya. Kedua, dia sudah terdaftar BPOM. Jadi aman digunakan oleh masyarakat tanpa rasa was-was dan pikiran yang macam-macam. Produk sunscreen yang kubicarakan kali ini adalah Votre Peau Daily Facial Sun Shield SPF 50 PA++.

Votre Peau Daily Facial Sun Shiel SPF 50 PA++

Daily Facial Sun Shield SPF 50 PA++ merupakan sunscreen dari Votre Peau yang diciptakan untuk kamu yang memiliki ketidaknyamanan terhadap sunscreen kebanyakan. Votre Peau sendiri adalah brand lokal. Dia merupakan bagian dari Maharis Beauty. Selain Votre Peau ada juga Maharis Skincare dan Quesella.

Kembali pada sunscreen, sunscreen dari Votre Peau cocok untuk segala jenis kulit terutama untuk yang memiliki jenis kulit berminyak. Why? Biasanya sunscreen dan kulit berminyak adalah sesuatu yang sulit disatukan. Tetapi tidak untuk produk satu ini. Daily Facial Sun Shield SPF 50 PA++ memiliki kandungan salicylic acid. Sehingga dia bebas minyak (oil free) dan tidak menyumbat pori-pori (non-comedogenic). Sunscreen ini juga mengandung tranexamic acid yang menghambat pembentukan melanin. Sehingga kulit tidak mudah mengalami penggelapan.

Votre Peau Sunscreen Review

Untuk lebih mengenal Votre Peau Daily Facial Sun Shiel SPF 50 PA++, yuk, simak penjelasan selengkapnya.

A.     Packaging

Daily Facial Sun Shield SPF 50 PA ++ memiliki packaging box dan packaging berupa tube. Untuk kemasan box dia berbahan kertas tebal dengan warna cenderung krem. Informasi yang tertera di sana sangat lengkap dengan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Informasi tersebut di antaranya merk, nama produk, ukuran, manfaat, cara pakai, ingredients, No. BPOM, tanggal kadaluarsa, keterangan produsen, dan barcode.

Selain informasi penting di atas, packaging box dari sunscreen Votre Peau memiliki lustrasi matahari dan gelombang biru (kemungkinan penggambaran dari air) di bagian depan serta pohon tanpa daun di sisi samping. Ilustrasi ini cukup mewakili manfaat sunscreen sebagai pelindung kulit dari paparan sinar matahari.

Votre Peau Sun Shield SPF 50 PA++

Lanjut ke packaging tube. Produk Daily Facial Sun Shield ini memiliki packaging tube berwarna putih dengan tutup putar. Memiliki ilustrasi yang sama dengan packaging box di bagian depan, tube ini mengandung informasi yang lebih ringkas yakni merk, nama produk, cara pakai, ukuran (30ml), No. BPOM (NA18171700956), tanggal kadaluarsa, dan keterangan produsen.

B.     Physical Suncreen atau Chemical Sunscreen?

Sebelum mencoba dan membeli suatu produk sunscreen, beberapa orang akan memastikan apakah produk tersebut tergolong sunscreen yang physical atau chemical. Hal tersebut menjadi pertimbangan karena chemical lebih mudah dibersihkan dan minim whitecast. Namun, chemical sunscreen menyerap pada kulit, sehingga kulit yang sensitif akan mudah mendapat masalah seperti kemerahan dan jerawat. Sementara physical sunscreen minim iritasi, lebih stabil, tetapi lebih sulit dibersihkan dan menimbulkan whitecast.

Daily Facial Sun Shield SPF 50 PA++

Lalu, Votre Peau Daily Facial Sun Shield ini tergolong sebagai sunscreen yang mana? Setelah melihat ingredients yang tertera di balik kemasan, sunscreen Votre Peau ini merupakan hybrid sunscreen yakni, sunscreen yang memiliki kandungan physical sekaligus chemical filter.

Pada produk proteksi ini, kandungan physical ditandai dengan adanya Zinc oxide dan Titanium dioxide. Sementara kandungan chemical kutemukan beberapa yakni Ethylhexyl methoxycinnamate dan Benzophenone-3. Kandungan tersebut berfungsi untuk menyerap, memantulkan, dan menghalangi sinar UVA dan UVB.

Jadi, Votre Peau Daily Facial Sun Shield SPF 50 PA++ ini tergolong hybrid sunscreen. Dia memiliki dua golongan dalam satu produk. Bagi kamu yang bingung harus pilih sunscreen physical atau chemical, kamu bisa memilih Daily Facial Sun Shield dan mendapatkan dua jenis perlindungan dalam satu produk sunscreen ini.

C.      Tekstur, Warna, Aroma

Daily Facial Sun Shield memiliki bentuk lotion dengan konsentrasi yang tidak rich. Dia cenderung ringan dan cair. Meskipun begitu, ternyata sunscreen ini membutuhkan waktu dan tenaga khusus saat di-blend. Produk ini memiliki warna putih dengan aroma yang tidak menyengat. Saat dioleskan pada wajah dia tidak memberi kesan lengket maupun minyak berlebih. Sesaat dia menimbulkan whitecast, tetapi kemudian hilang dan mengembalikan warna kulit seperti semula. Terlihat lebih lembap dan cerah saja.

D.     Review Pemakaian

Selama sebulan terakhir aku mencoba sunscreen dari Votre Peau. Di awal pemakaian yang membuatku takjub adalah tekstur yang sedikit tak sejalan dengan pengaplikasian. Tapi tenang, ini bukan hal yang enggak bagus kok. Selain itu, aku suka sekali dengan finish-nya. Dia benar-benar sunscreen yang meminimalisasi kesan kurang nyaman pada kulit.

Saat dipakai, teksturnya seperti lotion yang ringan dan mudah di-blend. Namun, dengan tekstur seperti itu aku khawatir dia akan menimbulkan kesan lengket dan berminyak seperti sunscreen pada umumnya. Ternyata ,,, dia malah tidak menimbulkan efek lengket, apalagi minyak. Dia menimbulkan sedikit whitecast, tapi mudah menghilang seperti ada seorang pesulap yang berseru “Zimzalabim”.

Malah, anggapanku sebelumnya tentang ‘mudah di-blend’ adalah sebuah kesalahan. Untuk meratakannya pada kulit membutuhkan perhatian khusus. Dia harus benar-benar diarahkan dan ditekan untuk menyatu pada kulit dengan pas. Namun, hal itu tidak menjadi masalah bagiku. Karena dengan hal tersebut secara tidak langsung aku mengamati bagian-bagian dari wajahku dengan seksama. Berdasarkan hal yang kurasakan itulah aku mulai rutin memakainya di pagi dan menggunakan ulang di siang hari.

Cara pakai sunscreen ini sangat mudah. Setelah memakai serum, kamu tinggal meratakan sunscreen pada kulit wajah dan leher. Para ahli menganjurkan pemakaian sunscreen sebanyak lebih kurang dua ruas jari. Tetapi aku pribadi biasa memakai satu ruas jari saat di rumah saja. Sementara saat ke luar rumah memakai anjuran dua ruas tersebut. Selain karena merasa kuantitas tersebut cukup, hati hemat seorang emak kadang meronta-ronta, hehe. Di samping itu, untuk re-apply kamu tidak perlu mengulang step skincare-mu dari awal.

Cara Pakai Sunscreen

Perlu diperhatikan. Bagi kamu yang mengalami iritasi wajah, kamu tidak dianjurkan memakai sunscreen ini. Karena dikhawatirkan iritasi yang kamu alami akan semakin parah.

Untuk memakai sunscreen ini, kamu tidak wajib menggunakan moisturizer sebelumnya, terutama bagi kamu yang mempunyai jenis kulit berminyak. Votre Peau Daily Facial Sun Shiel SPF 50 PA++ sudah cukup untuk menjadi moisturizer sekaligus proteksi kulitmu. Aku pun sering memakainya tanpa moisturizer saat harus buru-buru melakukan sesuatu. Mending ku-skip moisturizer ketimbang sunscreen karena sunscreen is a must! Fyi, jenis kulitku kombinasi.

Nah, apakah kamu termasuk orang yang masih malas-malasan untuk apply sunscreen karena merasa kurang nyaman dengan tekstur dan hasil akhirnya? Jika apply saja malas, apalagi re-apply, makin enggak mungkin lagi. Sekarang berubahlah dan mulai bentuk kebiasaan baik. Belum terlambat untuk membentuk kebiasaan yang menyenangkan dengan sunscreen yang aman dan nyaman.

Untuk latihan, kamu bisa memakai sunscreen di pagi hari tanpa re-apply. Hanya untuk latihan awal agar kamu dan kulitmu tidak merasa terbebani. Lalu, kamu bisa mengaplikasikan sunscreen di pagi hari dan memakai ulang di siang hari. Jika kamu muslim, bisa dipakai ulang setelah kamu wudu salah Zuhur. Pas banget waktunya, kan?

Kalau sudah terbiasa, kamu bisa reapply sunscreen tiap dua atau tiga jam sekali. Dengan kebiasaan tersebut kulitmu akan lebih sehat dan terjaga. Kulit jadi tidak mudah menggelap, kemerahan, muncul dark spot, maupun kusam. Skincare yang kamu pakai tiap malam pun akan menghasilkan efek positif lebih optimal. So, jangan skip sunscreen ya.

Jika kamu tidak cocok dengan sunscreen yang kamu pakai sekarang, kamu bisa mencoba produk lainnya yang cocok dengan kulitmu contohnya, Votre Peau Daily Facial Sun Shield SPF 50 PA++ ini. Dia memiliki SPF 50 yang sudah sangat cukup untuk melindungi kulitmu. Jika kamu di rumah saja, minimal kamu memakai produk dengan SPF 30, kalau 50 sudah pasti terjaga, kan?

Review Votre Peau Sun Shield SPF 50 PA++

Oh iya, mau tahu sesuatu yang unik? Coba buka instagram Votre Peau (@votre_peau) dan lihat feed mereka. Rata-rata postingan skincare yang mereka up selalu disandingkan dengan sunscreen. Mengapa? Karena sunscreen memang sepenting itu. Dia mungkin bukan produk utama yang membuat kulitmu glowing, shining, shimmering, splendid. Tapi sunscreen adalah benteng, tembok, penghalang yang kuat untuk mengatasi efek buruk dari paparan sinar matahari. Sehingga perawatan kulit yang kamu jalankan akan lancar dan sesuai.

E.      Harga dan Pembelian

Ingin mencoba Votre Peau sunscreen? Produk ini bisa kamu dapatkan di website resmi mereka. Bisa juga di official online store mereka yang tersedia pada Shopee, Lazada, Tokopedia, dan BliBli. Daily Facial Sun Shield ini dibandrol dengan harga Rp 265.000,00 untuk ukuran 30 ml. Harga tersebut merupakan harga normal dan belum termasuk diskon maupun promo khusus di waktu-waktu tertentu.

Itu tadi sedikit saran tentang membangun kebiasaan menyenangkan dengan sunscreen yang aman dan nyaman. Juga, ulasanku tentang produk Votre Peau Daily Facial Sun Shield SPF 50 PA ++. Semoga saran dan review yang kusajikan bermanfaat. Sekali lagi, semangat membentuk kebiasaan baik untuk kulit wajah yang sehat. Sayangi dirimu, sayangi kulitmu. Enggak bosan untuk mengingatkan, maaf kalau kamu yang membaca ngerasa malas, tapi ,,, tapi ,,, SUNSCREEN IS A MUST! Oke? Sampai jumpa dan terima kasih telah menyimak.

Nur Asiyah
Nur Asiyah Penulis yang berkecimpung di dunia fiksi dan nonfiksi. Ibu dari baby Nbi. Ibu muda yang menyukai hal-hal cantik yang membuatnya bahagia.

31 komentar untuk "Bentuk Kebiasaan Menyenangkan dengan Sunscreen yang Nyaman : Votre Peau Daily Facial Sun Shield SPF 50 PA++"

  1. Makasih utk sharingnya Kak. Jd tau kalo soal sunscreen jg hrs pilih2. Aku sempet beli nggak dicoba dulu. Alhasil wajah jd super berminyak & tambah kusam. Akhirnya stop dan nyari opsi yg lain.

    BalasHapus
  2. wah jadi mau coba sun screennya kebetulan lagi nyari, karena pakai wardah enggak cocok, huhu. coba pakai votre peau ini kali yaa, siapa tahu cocok nih makasih sharingnya.

    BalasHapus
  3. Sepertinya mau coba deh,beberapa kali maju mundur mau beli ini setelah sunscreen ku habis kubulatkan tekad beli ini. Tengkyu sharingnya kak

    BalasHapus
  4. Jadi walau WFH tetap harus pakau sunscreen ya. Hihihi... aku juga kayak teman mbak itu, pakai sunscreen cuma kalau keluar rumah aja. Kalau nggak kemana-mana nggak pakai. Harus diubah nih kebiasan jelek itu

    BalasHapus
  5. Ternyata Votre Peau Daily Facial Sun Shiel SPF 50 PA++ sudah mengandung moisturizer ya say, aku baru tahu lo. Mau cobain juga ah. Terima kasih informasinya say :)

    BalasHapus
  6. Keren,, jd mnmbah wawasan juga.. terus berkarya mama nbi...

    BalasHapus
  7. Urusan skincare dan sunscreen ini kaum hawa memang harus tau. Biar tidak salah pilih dan salah pakai. Terima kasih informasinya.

    BalasHapus
  8. Makasih sharing nya kak. Bikin aku semangat buat rutinin sunscreen lagi. Sebelumnya emang sih kalau pas WFH malas banget aku pakai suncreen. Sekarang mau gak mau harus pakai lagi karena wajah itu investasi masa depan. Hahaha

    BalasHapus
  9. Saya kl mau menjemur pakaian ke halaman rumah yang bagian area jemur2, pasti ritual dulu, pake sunscreen. Wah tfs nih infonya, jadi tau Votre Peau Daily Facial Sun Shield SPF 50 PA++

    BalasHapus
  10. Aku termasuk tim males pakai sunscreen klo cuma di rumah nih. Ternyata segitu pentingnya ya. Harus mulai ubah kebiasaan nih. Thanks infonya ya mom 👍

    BalasHapus
  11. Bawaan wajib banget kalau aku nih, karena banyak kegiatan outdoor. Suka bingung dulu milih sunscreen sun shield. Baru denger merk Votre Peau ini susah banget namanya ya hihi jadi penasaran sama produknya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Awalnya kujuga susah baca brand ini kak, dibacanya Votre Pu. Lokal punya loh.

      Hapus
  12. Adududududu butuh banget aku ini.. selama ini nggak pernah pakek sun screen.. di kulit jdi gatal2 ruam gitu.. 😭 efek kebakar sinar mataharinya langsung bgt.. woww harganya fantastis.. ini gak ada diskon gitu beb??

    BalasHapus
  13. Tinggi juga nih SPF-nya sampai 50. Memang harusnya setinggi itu ya SPF-nya, sinar matahari makin panas aja. Duh, ngeri kalau terpapar tanpa sun screen. Terimakasih reviewnya...

    BalasHapus
  14. Makasih kak infonya bermanfaat. Aku jadi bisa pilih2 mana sunscreen yang mau kubeli nantinya

    BalasHapus
  15. Sunscreennya cocok untuk kulit wanita-wanita tropis kayak kita.Apalagi kandungan SPFnya termasuk paling tinggi. Semakin optimal penggunaannya.

    BalasHapus
  16. baru tahu loh aku ada chemical sama physical sunscreen gitu, mmg kalau ada whitecast ganggu banget ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan ada hybrid juga, hehe. Iya kak, kalau wajah jadi abu-abu gitu malah bikin enggak PD.

      Hapus
  17. Votre Peau Daily Facial Sun Shield SPF 50 PA++ buat nyaman? Mantabs nih... Emang betul sih pake sunscreen tu lengket dan malah berminyak. Tq infonya ya

    BalasHapus
  18. Aku tuh susah banget deh dapetin Sunscreen yang cocok, tapi baca blog ini jadi lebih faham.. thank kak

    BalasHapus
  19. beberapa hari ini aku ada kegiatan outdoor nih, rasanya kudu nyoba Votre Peau Daily Facial Sun Shield SPF 50 PA++. deh, biar makin terlindungi, ternyata kudu pakai pelembab dulu ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malah enggak wajib pakai pelembab kak. Soalnya di sunscreen ini sudah ada pelembabnya. Terutama yang jenis kulit berminyak boleh di-skip pelembab nya.

      Hapus
  20. Wah spfnya sampai 50++ ya kak. Udah gitu ada mousterizernyaa. Pasti juga lembut jadinya di kulittt

    BalasHapus
  21. Wah enak nih kalau Votre Peau Daily Facial Sun Shield SPF 50 PA++ sudah ada moisturizernya, jadi nggak susah pengaplikasiannya. biasanya sun cream agak sulit nempel ke kulit karena terlalu putih wkwkwk.

    Memang pemakaian ini penting banget, kerasanya ketika sudah berumur dan noda flek di wajah yang sulit hilang akibat pemakaian sun shield yang terlewat.

    BalasHapus
  22. aku langsung catet nih rekomendasinya, mo cari ah di shopee, ternyata walo dalam ruangan tetep harus pakai sunscreen yaa

    BalasHapus
  23. Istriku gak pernah pakai beginian. Paling cuma pakai pembersih wajah doang kayak Nivea atau Clean n clear.

    BalasHapus
  24. makasii sharingnya kakk! Menarik banget ini produknya. selama pandemi ini aku sunscreen bagiku tetep wajib sih jadi sering habiss, next time mau nyoba votre peau ah penasaran

    BalasHapus
  25. Loh, jadi biar di rumah tetap harus pakai sunscreen? Wah selama ini saya nggak pernah nih. Harus membiasakan diri nih. Hihi

    BalasHapus
  26. wow, spf 50,, belum pernah pakai,,, aku klo dirumah aja juga ga pernah pakai susncreen kak, ternayta perlu yaa?? kirain buat panasan aja, haha

    BalasHapus
  27. Apalagi di negara Indonesia Raya yang puanas nya minta ampun ini, masak iya berani banget gak pake sunscreen?! hehe.
    Baru kali ini denger mereknya. Canggih ya ternyata hybrid sunscreen. Tapi lebih berisiko mengiritasi gak sih kalo gitu?

    BalasHapus
  28. Aku juga aslinya mualess pakai sunscreen mbak...baru Sadat nih maybe ini akibat kemalasanku pakai sunscreen kulit wajah jadi kaya gini... Cuss ke took kosmetik cari sunscreen. Trims infonya

    BalasHapus

Posting Komentar