Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
 pena biru2

Tidak Bayar Tepat Waktu, Ini Dia Denda Telat Bayar Pajak Motor

Tidak Bayar Tepat Waktu, Ini Dia Denda Telat Bayar Pajak Motor. Pagi ini suami beriap untuk berangkat kerja. Sementara aku menunggui Moenbi yang sedang sarapan.

"Dek, kita kapan ya bayar pajak motor?"

"Lo, kok tanya aku, Yah? Kan Motor tiap hari kamu yang bawa. STNK juga."

"Nanti kamu cek ya? Takut kelewat."

"Kan, kamu mesti kayak gitu. Jangan sampai kelewat lo, Yah. Nanti kena denda."

"Ya makanya, kamu cek gih. STNK ada di dompet. Dompetnya dalam tas yang biasa kupakai."

Dengan sedikit dongkol akhirnya aku coba cek STNK motor kesayangan suamiku. Untungnya tanggal bayar pajak motor belum terlewat. Masih ada waktu satu minggu sebelum waktu bayar pajak dilaksanakan.


Denda Telat Bayar Pajak Motor


Aku sudah membayangkan bagaimana jadinya jika waktu bayar pajak motor terlewati dan alhasil bayar denda. Karena penasaran, akupun memeriksa berapa jumlah yang harus dikeluarkan sebagai denda telat bayar pajak motor.

1.     Denda Telat Bayar Pajak Motor

Denda keterlambatan membayar pajak motor ternyata ditetapkan oleh pemerintah daerah masing-masing. Jadi, tiap daerah belum tentu sama jumlah atau besaran denda tersebut. Karena itu, informasi besaran denda dan cara bayar denda pajak motor bisa diketahui melalui laman atau akun media sosial resmi pemberintah daerah tersebut atau Samsat. Misalnya di laman bapenda.jatimprov. Di sana bisa cek cara membayar pajak motor beserta informasi lainnya termasuk denda.

Denda pajak motor juga memiliki perhitungan khusus. Perhitungan tersebut didasarkan pada PKB dan SWDKLLJ. PKB singkatan Pajak Kendaraan Bermotor dan SWDKLLJ singkatan Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu-lintas Jalan. SWDKLLJ sendiri memiliki nominal Rp 32.000,00, sementara mobil Rp 100.000,00.

Berikut cara hitung denda pajak motor.

Denda telat 2 hari – 1 bulan: 25% x PKB

Denda telat 2 bulan: 25% x PKB X 2/12 + denda SWDKLLJ

Denda telat 6 bulan: 25% x PKB X 6/12 + denda SWDKLLJ

Denda telat 1 tahun: 25% x PKB X 12/12 + denda SWDKLLJ

Denda telat 2 tahun: 25% x PKB X 24/12 + denda SWDKLLJ

Dsb.

Dengan demikian, cara menghitung denda pajak motor yang telat 1 bulan yakni, 25% x PKB. Misalnya besar PKB adalah 220.000. Denda telat bulan,  25% x PKB = 25% x 220.000 = 55.000

Jika ingin melunasi seluruh pajak, maka yang dibayarkan adalah: PKB + denda = 220.000 + 55.000 = 275.000

2.     Pembebasan Denda Pajak Motor

Di beberapa daerah terdapat kegiatan pembebasan denda atau pemutihan yang dilakukan secara rutin. Biasanya setahun sekali, bisa juga dua tahun sekali. Hal tersebut disesuaikan dengan peraturan pemerintah daerah. Misalnya seperti Pemerintah Provinsi Jawa Timur yang menggelar program pembebasan pajak kendaraan bermotor pada tanggal 1 Agustus hingga 31 Oktober 2023 lalu,  masyarakat Jatim bisa menikmati bebas BBN II dan seterusnya, Bebas Sanksi Administratif PKB dan BBNKB serta bebas PKB Progresif.

Meskipun terdapat keringanan dalam pemutihan dan pembebasan denda, alangkah baiknya pembayaran pajak kendaraan bermotor dilakukan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Apalagi saat ini pembayaran dipermudah dengan adanya e-samsat. Kamu tidak perlu ke luar rumah dan  bisa melakukan pembayaran melalui marketplace serta e-wallet. E-Samsat sendiri merupakan sistem pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ), dan Parkir Berlangganan Tahunan yang dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja.


Metode Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor


Selain itu, kamu juga bisa membayar di tempat yang bekerja sama dengan Samsat melalui Payment Poin Online Bank (PPOB) di Indomaret, Alfamart, Alfamidi, Kantor Pos, sebagainya.

3.     Tak Hanya Pajak, Cek Kondisi Motor Juga Penting

Selain memperhatikan tanggal pembayaran agar tidak dikenai denda telat bayar pajak motor, jangan lupa untuk selalu memperhatikan kondisi motor yang digunakan. Kan, lucu jika pajak motor sudah oke, tetapi kendaraannya malah bermasalah. Jadi kondisi motor yang prima juga penting karena menyangkut keamanan dan kenyamanan penguna. Untuk memeriksa kondisi dan kesehatan motor, kamu bisa kunjungi Planet Ban terdekat karena mereka memiliki banyak fasilitas dan pegawai berkualitas yang membuat motormu jadi #rasamesinbaru .


planet ban

servis motor di planet ban


Nah, itu tadi informasi tentang denda telat bayar pajak motor. Ditambah informasi tentang planet ban yang bisa jadi sahabat setia dalam menjaga kondisi motormu agar senantiasa baik.


9 komentar untuk "Tidak Bayar Tepat Waktu, Ini Dia Denda Telat Bayar Pajak Motor"

  1. Terima kasih infonya Mbak, yang penting disiplin ya biar gak kena denda, makasih infonya Mbak

    BalasHapus
  2. biasanya aku pasang alarm di calendar HP

    supaya engga telat klo mau bayar pajak

    infonya bermnfaat.
    thanks ya.

    BalasHapus
  3. Sangat tercerahkan sekali terkait denda bayar pajak Motor nih. Pokoknya mesti setting alarm gak sih biar bayar pajaknya tidak terlewat, atau di tandain di google calender biar nanti ada pengingat juga. Berasa banget kalau sampe kelewat atau telat bayar.
    Planet ban beneran the best, aku pun kendaraan dirumah pasti cek berkala nya ke planet ban mbak, pleayanannya oke dan cabangnya banyak.

    BalasHapus
  4. Daripada nunggu ada pemutihan pajak mending bayar pajak motor tepat waktu yaa. Lagipula bayarnya juga ga terlalu mahal. Daripada kena denda lalu ribet urusannya di belakang.

    BalasHapus
  5. Hitung2an dendanya bikin pusing yaa hehehe, jadi memang sebaiknya engga telat aja bayar pajak sbg warga yg taat pajak ya. Informasinya sangat membantu untuk reminder masyarakat agar gak telat bayar

    BalasHapus
  6. ketar ketir kalau misalnya aku sampe telat bayar pajak, kadang aku sendiri juga lupa kapan batas waktu bayarnya. makanya sekarang aku pasang reminder di hape

    BalasHapus
  7. Membayar pajak motor tepat waktu tidak hanya menghindari denda, tetapi juga merupakan kewajiban sebagai warga negara yang taat hukum. Yuk, jadilah pemilik kendaraan yang bertanggung jawab dengan selalu membayar pajak motor tepat waktu!

    BalasHapus
  8. Akuu seirng banget telat mbak. Tapi sejauh ini masih aman sih, ga pernah sampe gedee banget gitu dendanya. Kalo hitungan bulan mah masih aman, asalkan jangan sampe lewatnya tahunan. Alamaak gede banget itu bisa ntar abisnya

    BalasHapus
  9. Jadi inget dulu di rumah, papa sampai nulisin kapan masa berlakunya pajak motor dan mobil di rumah. Ditulis di kertas terus ditempel di kulkas. Biar ngga lupa.
    Kalau sekarang bisa direminder di google calendar supaya ngga terlupakan.
    Telat perpanjang lebih dari 2 hari aja dendanya udah lumayan ya..

    BalasHapus