Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

NIPT : Deteksi Dini Kondisi Janin Agar Calon Ibu Senantiasa Lega

NIPT : Deteksi Dini Kondisi Janin Agar Calon Ibu Senantiasa Lega. Menjadi seorang calon ibu tentunya memiliki beragam perasaan. Perasaan bahagia karena akan menjadi seorang ibu dan dikarunia buah hati. Perasaan penuh harap agar anak yang dikandung senantiasa sehat. Ada pula perasaan khawatir dan bingung jika janin yang dikandung memiliki masalah. Semua perasaan itu wajar dialami oleh calon ibu. Untuk mengatasinya, ada beberapa hal yang bisa dilakukan calon ibu agar janin dalam perut senantiasa sehat.: (1) Konsumsi makanan bergizi, (2) Konsumsi vitamin, zat besi, dll yang menunjang kesehatan janin, (3) Berpikir positif dan berbahagia agar ibu dan bayi merasa nyaman, (4) Hindari hal-hal yang membuat pikiran sang ibu stress, (5) Olahraga ringan untuk ibu hamil seperti jalan santai di pagi hari, dan (6) Rutin periksa kehamilan di puskesmas, klinik, maupun rumah sakit.

Dulu, di kehamilan pertamaku, aku juga sangat antusias dan hati-hati. Aku selalu mencari informasi sebelum melakukan ini dan itu. Sebagai calon ibu, aku berusaha sebaik mungkin untuk menjaga diri dan juga janin. Aku ingin pengalaman mengandung menjadi hal yang menyenangkan dan membahagiakan. Mungkin ada sensasi seperti mual, kurang nafsu makan, dan susah tidur. Akan tetapi sebagai calon ibu yang baik aku tetap menjaga perasaan agar senantiasa positif dan memberi nutrisi terbaik untuk buah hati.

Selama kehamilan, aku fokus pada pola makan, vitamin, dan USG beberapa bulan sekali. Akan tetapi, saat itu aku tak tahu jika ada tes yang bisa mendeteksi kelainan kromosom pada janin melalui darah yang diambil dari sang ibu. Tes tersebut adalah NIPT (Non Invasive Prenatal Test).


NIPT Adalah

1.     Apa NIPT itu?

NIPT adalah pemeriksaan yang digunakan untuk mendeteksi kelainan pada janin berdasarkan genetik bawaan dari orang tua. Di dalam setiap sel tubuh manusia normal terdapat 23 kromosom. Kromosom memiliki zat kimia yang disebut deoxyribose nucleic acid atau DNA. Nah, DNA inilah yang nanti akan menjadi materi yang diperiksa dan diteliti pada test NIPT.

 

2.     Manfaat NIPT

Tes NIPT adalah satu di antara skrining yang dapat dilakukan oleh calon ibu untuk mendeteksi sejak dini kondisi janin di dalam perut. Dengan NIPT, calon ibu dapat mengetahui apakah calon bayinya memiliki risiko tinggi kelainan kromosom yang dapat menyebabkan sindrom down, sindrom Edward, sindrom patau, dll. Jika pun memiliki risiko tinggi, dengan dilakukannya NIPT, calon orang tua dapat mengambil keputusan berupa perawatan kesehatan untuk janin hingga ia lahir dan setelah lahir. Selain itu, melalui NIPT, orang tua dapat melihat jenis kelamin dari calon buah hati mereka.

 

3.     Waktu Skrining NIPT

NIPT dapat dilakukan di usia kehamilan 10 minggu hingga trimester akhir. Tidak ada perbedaan hasil dari waktu tersebut. Pemeriksaan di minggu kesepuluh maupun pemeriksaan di trimester akhir memiliki keakuratan yang sama. Lalu, apakah ibu hamil di segala umur boleh melakukan pemeriksaan ini? Ibu hamil segala umur dapat melakukan skrining ini. Akan tetapi, umur yang sangat dianjurkan adalah sebelum usia 21 tahun dan usia di atas 35 tahun.

 

4.     Cara NIPT

Non Invasive Prenatal Test dilakukan dengan cara mengambil sampel darah ibu. Tidak perlu khawatir, pengambilan darah dilakukan tanpa mengenai janin. Darah hanya diambil dari ibu yang sampel darah tersebut akan diuji di laboratorium. Keakuratan hasil NIPT di atas 90%. Sangat jarang NIPT memiliki positif palsu maupun kekeliruan. Untuk tes NIPT ini bisa juga dipahami lebih jauh dengan mengakses TANYADNA.ID

TANYADNA.ID merupakan platform pemeriksaan seputar kehamilan, gaya hidup, pemeriksaan genomic, personalized medicine, dan cancer assessment. Skrining NIPT bisa juga dilakukan di sana dengan mengambil jadwal serta paket yang telah disediakan.

 

Nah, bagi kamu yang sedang hamil dan ingin memastikan kromosom janin tak memiliki kelainan bisa langsung mengikuti tes NIPT. Meskipun tes tersebut dianjurkan untuk beberapa ibu hamil secara khusus, tetapi ibu hamil yang memiliki umur ideal juga bisa mengikuti tes ini. Karena bagaimanapun NIPT dilakukan untuk mengetahui keadaan janin dan membuat orang tua janin menjadi lebih tenang dan lega.

Posting Komentar untuk "NIPT : Deteksi Dini Kondisi Janin Agar Calon Ibu Senantiasa Lega"