Review Parfum Mineral Botanica Soft Peony and Suede

Halo, semuanya. Kali ini aku akan mengulas sebuah wewangian dari brand lokal yakni parfum Mineral Botanica Soft Peony and Suede. Sebenarnya wewangian satu ini berjenis Eau de Toilette, tetapi karena orang-orang lebih familiar menyebut parfum jadi di artikel ini aku akan memakai penyebutan parfum.
Mungkin dari kalian ada yang masih asing dengan brand ini, jadi aku akan sedikit memberi informasi tentang brand Mineral Botanica. Jadi, Mineral Botanica adalah brand kecantikan yang mengeluarkan produk skincare, make up, dan wewangian dengan harga yang cukup terjangkau. Jadi, bukan hanya parfum Mineral Botanica, tetapi juga produk perawatan wajah untuk kulit kering, berjerawat, dan anti penuaan. Ada juga make up seperti lipstick, powder, contour & highlighter. Brand ini berpusat di Bandung dan mereka memiliki prinsip jika sesuatu yang bagus tidak harus mahal. Selain bisa dibeli di toko-toko terdekat seperti Watsons, produk dari mereka bisa dibeli via online di official store online mereka juga (link ada di akhir artikel). Untuk yang penasaran dengan sosial media mereka bisa ikuti Instagram @mineralbotanica .
Nah, salah satu produk wewangian dari mereka adalah Soft Peony and Suede ini. Parfum Mineral Botanica sendiri ada delapan varian yakni Soft Peony and Suede, Autumn Pear & Freesia, Iris Heliotrope Blush, Spring Silk Tree Bergamot, Violet Leaf Fresh Grapefruit, Lavender Scent Sandalwood, Saffron Jasmine Amber Cedar, dan A Walk In Deep Forest. Untuk artikel kali ini aku akan mengulas salah satu dari varian mereka.
Kok hanya satu? Penasaran dengan varian lainnya? Nantikan di artikel selanjutnya ya.


Parfum Mineral Botanica





1.     Harga

Dengan ukuran 30 ml parfum Mineral Botanica Soft Peony and Suede ini dibandrol dengan harga Rp 85.000,00 (belum termasuk diskon jika ada dan tidak termasuk ongkir jika pembelian via online). Harga tersebut terbilang pas untuk sebuah wewangian dengan tataran Eau de Toilette.
Merasa terlalu mahal? Tenang saja, Mineral Botanica sering mengadakan promo diskon di beberapa store online mereka. Sehingga jika kamu merasa harga tersebut sedikit menyerang kantong, mungkin kamu bisa membeli dengan menunggu saat wewangian ini sedang diskon.

2.     Packaging

Packaging parfum Mineral Botanica Soft Peony and Suede ini terlihat ringkas dan bersih. Tidak begitu banyak memainkan warna atau pun motif. Kemasan luarnya berbentuk kotak memanjang seperti balok. Bagian depan terdapat gambar dari botol parfum tersebut dengan merk, nama, dan ukuran produk yang menyertai. Di bagian belakang terdapat keterangan produsen beserta alamat, no BPOM, tanggal kadaluarsa, dan barcode. Di bagian kemasan samping kiri tertulis bahan-bahan dari parfum. Sedangkan bagian samping kanan tergambar beberapa penjelasan tambahan seperti animal cruelty free, recycle, dan waktu pemakaian produk setelah dibuka. Sementara bagian atas terdapat logo dari Mineral Botanica. Logo tersebut terlihat seperti dua daun yang saling terkait.
Lalu, botol parfum ini sendiri terbuat dari kaca. Bagi yang suka membawa produk dengan kemasan kaca saat travelling sebaiknya hati-hati karena rawan jatuh dan pecah. Biasanya lebih aman membawa produk dengan kemasan plastik daripada kaca seperti ini. Sementara yang berbahan kaca bisa disimpan di rumah untuk pemakaian sehari-hari. Botol ini berbentuk kotak memanjang dengan bagian atas yang bulat. Bagian tutup botol berwarna rosegold yang memberi kesan elegan, feminim dan classy. Apalagi bersanding dengan jernihnya kaca dari botol tersebut, packaging yang tersaji mengingatkanku pada parfum mahal dengan nama yang cukup mirip pula. Mengingatkan juga dengan edisi EdT dari sebuah brand Jepang yang terkenal di Indonesia. Packaging seperti ini bukan hal istimewa lagi karena sudah banyak brand yang menggunakannya.
Beberapa informasi pada kemasan luar juga ada pada botol parfum di antaranya, nama brand, nama produk, No. BPOM, dan tanggal kadaluarsa. Hal tersebut memudahkan pembeli untuk memeriksa kembali informasi saat kemasan luar sudah dibuang.


Belakang kemasan EdT
Sisi Kiri Kemasan EdT
Sisi Kanan Kemasan EdT


3.     Bahan dan Note

Bahan yang dipakai dalam pembuatan parfum Mineral Botanica Soft Peony and Suede ini adalah alcohol, aqua, fragrance, PEG-40, Hydrogenated Castor Oil, Hexamethylindanopyran, DMDM, Hydantoin. Bahan-bahan tersebut tertulis jelas pada kemasan produk. Sehingga pembeli bisa memeriksa kembali kandungan yang ada dalam produk apabila terdapat bahan yang tidak cocok atau membuat alergi si pengguna.
Sementara itu, varian ini memiliki note yang sangat menarik dengan bunga-bungaan yang terkenal beraroma halus. Note pada Soft Peony and Suede ini adalah apel merah (top), peony jasmine carnation rose (middle), dan suede (bottom).
Tentu kita tahu apa itu apel merah. Buah tersebut memberikan aroma segar, manis sekaligus asam. Di sini dia cocok sebagai note top karena memberikan sensasi tersebut sebelum aroma halus bunga menyusul. Bunga-bunga di note middle cukup banyak di antaranya, bunga peony (botan), jasmine (melati), carnation (anyelir), dan rose (mawar). Bunga-bunga tersebut merupakan wangi inti yang bertahan cukup lama sebelum aroma down dari kulit suede hadir.

4.     Jenis Wewangian

Sudah jelas dari tulisan yang tertempel pada botol jika wewangian dari parfum Mineral Botanica ini berjenis Eau de Parfum (EDT). EdT sendiri memiliki 4-8% wewangian. Tiap brand memiliki kekuatan yang berbeda dalam meracik dan mengeluarkan sensasi aroma dari produk wewangian mereka. Sehingga saat suatu produk dikategorikan EdT, belum tentu produk tersebut lebih tahan lama dari Edt lainnya, begitu pun sebaliknya.


Bagian Depan Kemasan EdT




5.     Ketahanan


Sebagai EdT, biasanya aroma jenis ini hanya bertahan sekitar 2-3 jam. Akan tetapi, parfum Mineral Botanica Soft Peony and Suede ini memiliki aroma yang cukup melekat pada tubuh saat dipakai di dalam ruangan. Aroma manis dan hangat masih ke luar di lima jam lepas kusemprotkan wewangian tersebut di beberapa titik tubuh. Tetapi hal tersebut kembali kepada masing-masing orang dalam pengaplikasian serta aroma unik dari individu itu sendiri.
Berbeda dengan penggunaannya di dalam ruangan, aroma dari wewangian ini cukup gampang menguap di luar ruangan. Semakin lama aroma menjadi terasa ada dan tiada, kemudian benar-benar menghilang. Jika beberapa wewangian akan tetap meninggalkan bekas harum meskipun kita sudah mandi atau berganti pakaian, produk ini tidak seperti itu. Namun, bisa dimaklumi karna tataran wanginya yang memang bukan tertinggi. Untuk mengatasinya kita bisa mennyempotkan wewangian ini setiap tiga jam.


Logo Mineral Botanica



6.     Ulasan Pribadi


Beberapa kali aku memakai parfum Mineral Botanica saat beraktivitas di dalam rumah. Aroma pertama yang muncul saat kusemprotkan cenderung manis seperti madu. Hanya saja kesan alkohol juga tidak kalah merebaknya. Mungkin aroma itu muncul karena apel merah tercampur dengan aroma bunga. Setelah beberapa menit, aroma madu dan alkohol mulai melembut. Harum yang sebelumnya seperti madu mulai berganti dengan manis yang ke luar dari bunga-bungaan. Ada juga sedikit bau masam, tetapi tidak begitu kentara karena memang aroma bunga lebih menonjol.
Jangan memikirkan aroma bunga yang segar ala-ala campuran buah, karena aroma bunga di parfum ini benar-benar lembut dan terkesan down dengan adanya suede. Aroma apel di bagian top menimbulkam kesan masam yang terkubur dengan layer dari berbagai bunga. Sementara suede pada bagian bawah sepertinya bercampur dengan aroma tengah, karena saat aku memakainya, aroma bunga tetap ada hingga akhir wewangian mulai menghilang.
Aroma ini sepertinya tidak akan dipilih oleh perempuan yang aktif di luar ruangan. Karena aromanya yang terkesan kalem, lembut, dan manis. Namun, tidak menutup kemungkinan jika kamu memang menyukainya meskipun aroma yang ditampilkan tidak selaras dengan kepribadian yang biasa. Seseorang yang aktif di luar ruang biasanya lebih menyukai aroma buah dan bunga segar daripada yang lembut. Apalagi jika seseorang itu ada perempuan yang masih muda dan aktif. Namun, kembali lagi kepada selera. Kadang selera seseorang tidak bisa dipatok dengan lingkungan dan citra yang dapat dilihat dengan mata.
Menurutku, aroma ini cocok untuk di dalam ruang dan lebih mendominasi pada malam hari. Aromanya cocok untuk digunakan pada acara malam atau pun sekadar wewangian saat berada di dalam rumah.
Seseorang yang menyukai aroma flowers soft down akan memberi nilai sempurna. Namun, karena aku lebih suka aroma yang fresh, aku akan memberi nilai 7 dari 10 pada parfum Mineral Botanica Soft Peony and Suede ini. Mengapa tujuh, bukan di bawah itu? Sebenarnya aku menyukai aroma varian ini saat pertama kali disemprot. Aroma asam manis seperti madu bisa membuat mood membaik, tetapi alkohol yang ke luar sedikit mengurangi antusiasku. Selain itu, aroma yang tersisa sebelum menghilang juga enak. Kesan ‘dalam’ dengan aroma bunga yang tidak berlebihan memberi pengalaman tersendiri. Dipertimbangkan dari segi harga, packaging, ketahanan serta aroma itu sendiri aku memberi rating tujuh dari sepuluh.
Di samping masalah aroma, aku ingin menjelaskan sedikit tentang kuantitas semprotan dari wewangian ini. Jika kamu seseorang yang hemat, mungkin parfum Mineral Botanica ini bisa jadi wewangian kecintaanmu karena semprotan dari produk ini terlihat micro tetapi menyebar. Sehingga dalam satu semprotan, cairan parfum tidak berkurang banyak. Namun, sedikit disayangkan produk yang kubeli memiliki penyemprot yang sulit ditekan. Sehingga tiap semprot harus mengeluarkan lebih banyak tekanan daripada saat aku memakai parfum yang lain.




Nah, itu tadi ulasan parfum Mineral Botanica varian Soft Peony and Suede. Bagi kalian yang tertarik dengan wewangian ini bisa beli langsung di official online store mereka atau beberapa toko yang menjual secara langsung.
Jangan terlalu berpatok pada ulasanku ya …. Anggap saja ini pandangan sekilasku tentang wewangian yang tersaji dan jadikan info tambahan semata. Karena, bagaimana pun tiap orang menyukai wewangian yang berbeda dan unik. Ditambah, aroma yang ke luar saat berkenaan pada kulit akan berbeda pada setiap orang.
Terima kasih telah menyimak. Jagan lupa like dan comment di kolom yang tersedia ya. Jangan lupa juga untuk share ke orang-orang terdekatmu yang hobi dengan wewangian seperti ini. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Sampai jumpa.



Official Online Store Mineral Botanica

Nur Asiyah
Nur Asiyah Penulis yang berkecimpung di dunia fiksi dan memulai langkahnya pada non-fiksi di pena-biru.com

Tidak ada komentar untuk "Review Parfum Mineral Botanica Soft Peony and Suede"