Kandungan Skincare Untuk Kulit Kering Beserta Produknya

 

Sering terjadi hingga sekarang, seseorang mengetahui jenis kulit mereka tetapi tidak mengetahui produk seperti apa yang mereka butuhkan. Asal comot produk skincare dan ternyata malah menambah masalah kulit yang merugikan. Hal tersebut terjadi karena kandungan yang ada dalam produk tidak sesuai dengan kebutuhan kulit. Sehingga hasil yang diinginkan malah menjadi bertolak belakang. Contohnya, seseorang memiliki jenis kulit kering tetapi malah memakai produk yang harusnya digunakan untuk jenis kulit berminyak. Alhasil kulit malah semakin terlihat kering, kusam, dan terjadi iritasi. Nah, berkut ini beberapa kandungan skincare untuk kulit kering dalam suatu produk.

Kandungan Skincare Untuk Kulit Kering


1.     Hyaluronic Acids (HA)

Ialah molekul alami yang berperan pada bantalan sendi, kulit dan rambut agar mampu menahan kelembaban secara optimal. Hyaluronic Acids sendiri kini bisa didapatkan dari proses buatan dengan manfaat yang sama. Salah satu kandungan skincare untuk kulit kering ini dapat menyimpan banyak air sehingga membuat kulit lebih lembab, sehat, kenyal, dan lebih cerah.  Sangat cocok digunakan karena dengan adanya kandungan ini, kulit menjadi lembab dan senantiasa terhirasi. Selain itu, Hyaluronic Acids dapat digunakan sebagai anti-aging untuk mencegah adanya garis halus dan kerutan pada wajah.

Hyaluronic Acids memiliki sifat yang tidak terserap jauh ke dalam kulit, sehingga aman digunakan dan tidak memiliki efek buruk pada tubuh. Namun, karena sifatnya yang tidak terserap begitu dalam, untuk mengetahui hasil kandungan skincare pada kulit kering ini memerlukan waktu yang tidak sebentar. Hyaluronic Acids sebenarnya cocok juga untuk jenis kulit normal, tetapi tidak disarankan untuk kulit berminyak. Jenis kulit yang cenderung berminyak malah semakin bermasalah dengan adanya Hyaluronic Acids. Sebum yang berlebih akan semakin buruk dengan adanya kandungan HA pada produk skincare. Contoh produk yang mengandung Hyaluronic Acids adalah Garnier Sakura White Hyaluron30x Booster Serum, Garnier Hydra Bomb Eye Serum Mask, dan Cosrx Hydrium Watery Toner.

2.     Glycerin

Ialah alkohol alami yang dimiliki oleh tumbuhan, hewan, dan manusia khususnya terdapat pada area kulit. Glycerin yang sering digunakan dalam produk skincare berasal dari kacang kedelai, tebu, dan senyawa kimia atau buatan. Glycerin bermanfaat untuk memberikan sensasi lembut dan efek licin pada kulit. Karena sifat tersebut, sering kita temui kandungan skincare untuk kult kering ini pada sabun cuci muka. Manfaat lain dari molekul ini yakni menghidrasi kulit terluar, melindungi kulit dari iritasi, dan mempercepat penyembuhan pada luka di kulit. Produk skincare yang mengandung Glycerin contohnya Innisfree Sea Salt Jelly Cleanser, Mediheal Bio Capsulin Love Me Mask Set, dan Mineral Botanica Whitening Plus Complex Toner.

3.     Alpha Hydroxy Acids (AHA)

Ialah senyawa asam yang terkandung dalam hewan dan tumbuhan seperti anggur, tebu, jeruk,dll. AHA memiliki manfaat di antaranya mengencangkan serta menghaluskan kulit, menyamarkan bintik hitam, mengurangi bekas jerawat, menyamarkan tanda-tanda penuaan dan mempercepat regenerasi kulit.

AHA sering digunakan pada produk perawatan kulit. Cara kerjanya yakni membuat kulit lama mengelupas dan digantikan oleh kulit baru yang terlihat lebih bersinar dan sehat. AHA aman digunakan dalam persentase 10% ke bawah . Namun, meskipun terbukti aman, sebaiknya kita mencoba pemakaian dalam persentase rendah terlebih dahulu.  Saat memakai AHA kulit akan lebih sensitif pada paparan sinar matahari. Jadi, jangan lupa untuk senantiasa memakai tabir surya. Contoh produk yang mengandung AHA adalah AHA 7 Whtehead Power Liquid.

Nah, itu tadi beberapa kandungan skincare untuk kulit kering. Bagi kalian yang memiliki jenis kult cenderung kering, tiga kandungan di atas tidak memberi efek buruk terhadap kulitmu. Namun, tiap kulit memiliki ciri khas masing-masing, kandungan di atas merupakan kecocokan secara umum. Jika ternyata kamu memiliki alergi khusus, hal tersebut haru diperhatikan. Okay? Sekian, dan terima kasih sudah menyimak.

Nur Asiyah
Nur Asiyah Penulis yang berkecimpung di dunia fiksi dan memulai langkahnya pada non-fiksi di pena-biru.com

13 komentar untuk "Kandungan Skincare Untuk Kulit Kering Beserta Produknya"

  1. Kulit saya berminyak pulak hihi
    Setuju bgt sih. Kita emang harus tau jenis kulit kita, baru deh tentukan skincarenya, jd biar hasilnya bgs n kulit jd terjaga terawat terbaik 😀🙏

    BalasHapus
  2. Saya kadang bingung membedakan apakah kulit sy termasuk kering atau lembab. Soalnya kadang kering kadang lembab atau berkeringat. Heheh. Soal skincare yg paling paham memang perempuan hehe. .Sy coba share ke istri saya. Makasih infonya.

    BalasHapus
  3. Sering baca kata AHA di review para beauty blogger, tapi baru tahu singkatannya dan apa artinya setelah membaca tulisan ini. Terima kasih sharingnya mbak

    BalasHapus
  4. Kalau untuk kulit normal tapi berminyak di wajah bagian T ada rekomendasi dari produk innisfree tdk kak?

    BalasHapus
  5. Wah, pas nih infonya, kulit saya juga kering. Cuz deh langsung ngecek skincare yang saya punya, mudah-mudahan ada kandungan HA, glycerin, dan AHA-nya. Terima kasih infonya, Kakak.

    BalasHapus
  6. Informatif. Jadi gak asal-asalan pilih skincare ya, apalagi asal comot karena misal pengen ikutin bintang iklannya. Hehe

    Nyatanya edukasi tentang kandungan skincare itu perlu banget sebelum kita memakainya.

    BalasHapus
  7. wah untuk wanita pasti sangat berguna dan untuk cwok juga biasanya sekarang suka skincare biar kelihatan ganteng,, terimakasih infonya

    BalasHapus
  8. Kebetulan nih Mba Asiyah... saya sedang baca buku tentang skincare juga. Jadi memang produk perawatan kulit itu cocok2an ama jenis kulit kita ya, kl gak cocok hati2 bs bruntusan. Nice info, thanks ya salam kenal

    BalasHapus
  9. butuh banget pengetahuan kayak gini. biar kita bisa milih skincare dengan benar. AHA, glicerin dan Hyaluronic Acid emang berguna banget. aku selalu mastiin ada kandungan di skincare yang aku pakai. termasuk AHA yang katanya gak boleh terlalu banyak konsentrasinya ya. 2 persen udah cukup. ada di krim malam biasanya.

    BalasHapus
  10. sering banget nemuin istilah HA dan AHA ini dalam skincare, malah bagus kalo HA ini tidak terserap bgeitu dalam ke kulit ya

    BalasHapus
  11. Ternyata AHA itu mengandung asam ya kak pantesan klo pakai cream malam spti digigit semut kulit muka rasanya hihi

    BalasHapus
  12. kalo kulit kering untuk perawatan kulit menggunakan produk yang mengandung 3 komposisi tersebut. yaitu AHA, glicerin, dan hyaluronic acid. berarti harus baca pada komposisi produknya apakah mengandung 3 hal tersebut

    BalasHapus
  13. kulitku dulu berminyak, pakai skincare khusus oil, malah sekarang jadi kering haha, ngebantu banget ini mba tulisannya. makasih sharingnya.

    BalasHapus

Posting Komentar