EssenHerb Tea Tree : Cara Mengatasi Jerawat Secara Alami

 

    EssenHerb Tea Tree : cara mengatasi jerawat secara alami. Jerawat merupakan masalah kulit yang umum dirasakan baik pada perempuan maupun laki-laki. Jerawat mudah sekali timbul pada orang yang memiliki jenis kulit berminyak maupun kombinasi. Ditambah, kondisi lingkungan di Indonesia yang memiliki musim panas panjang dan polusi yang bertebaran membuat jerawat semakin mudah tumbuh pada kulit wajah.

EssenHerb Tea Tree Cara Mengatasi Jerawat Secara Alami

    Saya pribadi memiliki pengalaman tersendiri tentang jerawat. Sebuah kata yang menakutkan sekaligus membuat saya minder dalam kurun waktu yang cukup lama. Bayangkan saja, sejak SMP hingga kuliah saya tak pernah lepas dari masalah minyak berlebih dan jerawat pada kulit wajah. Selama itu, setiap saya berbincang dengan seseorang secara tatap muka, orang tersebut akan secara otomatis memandang jerawat saya lebih dari bagian wajah yang lain, dan lagi, dia akan menanyakan masalah jerawat tersebut di pengujung percakapan yang membuat saya semakin tidak percaya diri. Antara malu dan lelah, saya hanya bisa memaklumi dan merasa jika saya harus terbiasa dengan keadaan ini.

    Suatu hari, saya berkumpul dengan banyak teman. Kami sering berdiskusi dan berbincang pada hal yang kami minati. Saat itu, saya yang tak peka merasa biasa saja bersama dengan teman-teman dalam satu tempat. Namun, tatapan orang kemudian membuat saya merasa canggung dan membuat saya tidak nyaman. Akhirnya, saya sadar karena kulit kusam dan berjerawat inilah yang membuat saya harus menjaga jarak dengan orang-orang demi kesehatan mental yang semakin menekan. Mungkin beberapa orang tidak mengatakan apapun tentang wajah bermasalah ini di depan saya, tetapi mereka membicarakan saya di belakang dan perasaan akan lebih sakit saat saya tahu dari desas desus yang melintas.

    Setelah semua yang saya alami, saya mencoba cara mengatasi jerawat secara alami dengan membeli beberapa produk natural yang saya pikir bisa mengatasi masalah jerawat ini. Saya membeli sabun cuci muka, pelembab, dan sebuah acne gel. Saya juga berusaha untuk berhati-hati dalam menggunakan produk. Saya dengar, penggunaan bedak tabur juga cukup mengurangi masalah jerawat daripada saat memakai bedak padat untuk memoles wajah. Akhirnya, saya mencoba untuk berubah. Semoga cara mengatasi jerawat yang saya lakukan sudah benar.

    Sangat disayangkan, perubahan yang saya inginkan tak kunjung datang. Di minggu pertama, jerawat saya mengalami inflamasi atau radang. Mereka semakin merah dan ada satu yang besar di pipi sebelah kiri. Duh, malunya. Saya tidak tahu bagaimana bisa seperti itu. Saya masih mencoba berpikir positif, mungkin saja ini purging. Suatu fase di mana kulit berusaha beradaptasi dengan produk yang baru saya beli. Namun, beberapa minggu kemudian tidak ada efek positif. Jerawat saya tetap tumbuh, kulit saya yang berminyak mengeluarkan sebum lebih banyak lagi sehingga membuat wajah sering terlihat seperti kilang minyak. Cara mengatasi jerawat secara alami yang saya pikir sudah tepat, ternyata masih tak berguna.

    Saya merasa gagal. Sejak remaja saya memang tak merawat kulit dengan baik. Saya membiarkan semuanya terjadi dan seolah berpikir jika dengan apa adanya diri yang seperti itu akan tetap ada yang menyukai saya. Namun, pengertian saya tentang “apa adanya” tak sepenuhnya benar. Seharusnya saya merawat apa yang memang ada pada diri sebagai sosok yang baik. Bukan membiarkannya dan malah mendapatkan masalah yang seharusnya tidak ada. Saat saya menyadari hal tersebut, saya merasa semuanya terlambat. Ditambah pemilihan skincare yang tak tepat membuatku semakin terpuruk.

    Kini, saya kembali untuk mencoba. Dengan hati yang lebih tenang dan otak yang lebih mengutamakan logika. Saya tidak boleh berhenti untuk menjadi lebih baik. Jika saya setop, masalah ini akan semakin membuat saya tidak percaya diri meskipun saya memiliki sisi yang pantas untuk dibanggakan. Saya  akan melakukan skincare routine dengan memakai bahan yang memang layak untuk kulit berminyak, berjerawat, dan mudah iritasi.

    Penuh semangat 45, saya mulai mencari-cari informasi di internet. Pencarian ini bukan hal sepele. saya percaya dengan kandungan yang pas dan tepat, kemungkinan besar masalah jerawat di wajah akan teratasi. Selain itu, pemilihan produk yang terpercaya adalah kunci. Jangan sampai karena ingin mengatasi jerawat dengan cepat dan mudah, kita malah salah pilih produk dan membuat problem yang ada semakin menjadi. Seperti kejadian yang saya alami sebelumnya.

1.     Tea Tree adalah Bahan yang Tepat untuk Masalah Jerawat dan Iritasi

Saat  sibuk mencari-cari ingredient yang cocok untuk kulit berminyak dan berjerawat, saya menemukan sebuah bahan alami yang menarik perhatian. Bahan tersebut bernama Tea Tree. Ups, jangan salah mengira ya, dengan nama Tea Tree, bukan berarti bahan ini adalah batang teh yang biasa kita konsumsi sebagai minuman. Teh yang biasa kita konsumsi memiliki nama Latin Camellia Sinensis, sementara Tea Tree memiliki nama Latin Melaleuca Alternifolia. Tea Tree merupakan tanaman sejenis eauchalyptus yang memiliki beragam manfaat di antaranya sebagai obat kumur, penghilang ketombe, mengatasi jerawat, obat luka bakar, dsb. Khusus untuk perawatan kulit, tea tree memiliki efek anti-inflamasi dan memberikan efek menyehatkan. Karena manfaat yang terkenal sejak dahulu inilah, banyak roduk kecantikan terutama skincare untuk kulit berjerawat, iritasi, dan berminyak mengusung tea tree sebagai bahan unggulan. Salah satu brand kecantikan yang memiliki rangkaian produk tea tree yakni EssenHerb.

2.     EssenHerb, Brand Korea Selatan dengan Konsep Alami

Siapa yang tidak tahu jika Korea Selatan memiliki segudang brand kecantikan yang menarik untuk dijadikan tambatan kulit wajah. Salah satu pilihan tersebut adalah EssenHerb. EssenHerb merupakan brand kecantikan asal Korea Selatan yang memiliki motto “Honest Ingredients, Honest Prescription”. Maksudnya, dengan  memiliki bahan alami dan formula yang baik di dalam produk, hasil yang ditunjukkan nantinya juga akan optimal. EssenHerb percaya jika sebuah kecantikan yang sejati datang dari alam. Selain bahan alami dan formula yang baik dalam produk-produk EssenHerb, mereka juga memiliki keunggulan lain di antaranya bahan yang digunakan tidak mengandung bahan kimiawi, pengembangan produk yang tepat, resep yang berorientasi pada bahan alami dan pilihan, serta tak sekadar mengutamakan packaging, tetapi lebih pada kualitas isi yang akan digunakan nantinya.

EssenHerb Tea Tree

Nah, EssenHerb ini memiliki beberapa rangkaian di antaranya Tea Tree, Bulgarian Rose, dan Black Tea. Karena saya memiliki masalah pada kulit berminyak, iritasi, dan berjerawat, saya pun fokus  untuk mencoba produk Tea Tree mereka yakni EssenHerb Tea Tree Foam Cleanser dan EssenHerb Tea Tree Toner.

A.     EssenHerb Tea Tree Foam Cleanser

Dilihat dari packaging EssenHerb Tea Tree Foam Cleanser, produk ini memiliki bentuk yang kurang lebih sama dengan brand kebanyakan. Namun, paduan warna putih dan hijau membuat saya langsung berpikir jika konsep ijo-ijo ini menandakan jika si produk memang tergolong produk berbahan natural. Lalu, untuk kemasan bagian depan terdapat nama brand, nama produk, kegunaan secara umum, kata kunci, motto brand, pengguna yang disarankan memakai produk tersebut, dan ukuran foam cleanser.

Untuk kemasan bagian depan, sebenarnya tulisan yang disediakan adalah bahasa Korea Selatan. Namun, karena sudah memasuki Indonesia secara resmi, terdapat stiker berisi informasi di belakang kemasan mewakili informasi yang bertuliskan Hangeul sebelumnya. Bagian belakang tersebut berisi nama brand, nama produk, manfaat produk secara singkat, keunggulan produk, cara penggunaan, komposisi, hal-hal yang perlu diperhatikan, tempat produksi, distributor, barcode dan nomor BPOM.

EssenHerb Tea Tree Foam Cleanser

Tea Tree Foam Cleanser

Cleanser Tea Tree EssenHerb

Salah satu rangkaian tea tree dari EssenHerb ini memiliki aroma yang cukup khas. Aromanya tidak begitu menyengat, tetapi dia juga tidak bisa dikatakan kalau dia tidak berbau. Selain itu, tekstur produk ini sangat creamy. Dengan tekstur tersebut dia mudah berbusa dan membuat kegiatan cuci muka lebih menyenangkan dengan sensasi lembut yang ditimbulkan. Sementara untuk warna dari sabunnya sendiri adalah putih. Setelah pemakaian, wajah terasa bersih dan lembut. Jerawat yang ada pun tidak terasa perih atau radang setelah memakai cleanser ini. Malah, jerawat terasa dirawat. Ada sensasi mengeringkan yang membuat jerawat kecil bisa kempes dan jerawat besar tidak bertambah sakit. Namun, bagi beberapa orang yang tidak terlalu memiliki minyak di kulit wajah, kemungkinan akan ada sensasi sedikit tertarik dan kesat. Karena itu, pemakaian EssenHerb Tea Tree Toner setelahnya sangatlah disarankan.

 

B.     EssenHerb Tea Tree Toner

Toner Tea Tree dari EssenHerb memiliki packaging dua yakni bagian box dan bagian botol yang berisi toner itu sendiri. Pada bagian box mengandung banyak informasi dalam bahasa Korea baik di sisi depan, balakang, samping kiri, dan kanan. Pada bagian depan terdapat nama brand, nama produk, logo produk asli Korea, kata kunci, manfaat secara umum, pengguna yang disarankan memakai produk, motto brand, dan ukuran produk. Bagian belakang kemasan box terdapat nama brand, nama produk, manfaat secara umum, tujuan penggunaan, cara penggunaan, komposisi, hal-hal yang perlu diperhatikan, produsen, distributor, barcode, dan no. BPOM. Sementara tanggal kadaluarsa toner tersebut ada di bagian bawah box. Di bagian sisi lainnya terdapat ilustrasi bentuk botol dari EssenHerb Tea Tree Toner dan sisi lainnya berisi logo lolos uji dermatologi dan uji iritasi.

EssenHerb Tea Tree Toner

Toner ini juga memiliki perpaduan warna putih dan hijau untuk pacakagingnya seperti rangkaian EssenHerb Tea Tree lainnya. Packaging khas mereka tak didesain mewah atau menonjol seperti beberapa produk di luar sana. Botol dari toner berukuran 200 ml ini berbentuk tabung pendek yang terlihat ‘gembul.

Toner Tea Tree EssenHerb

Lanjut pada tekstur, warna, dan aroma. Tekstur dari toner tea tree ini berbentuk cair dan sangat ringan dipakai. Warnanya pun transparan jika endapan dari toner ini sedang ada di dasar botol. Jika toner dikocok, endapan putih tersebut akan tercampur sempurna dan memberikan warna sedikit keruh. Nah, EssenHerb Tea Tree Toner ini digunakan saat warnanya keruh. Jadi, sebelum memakai harus dikocok dulu.

Toner Tea Tree

Dari aromanya pun cukup unik. Wangi yang dicium saat warna toner transparan lebih menyeruak. Sementara saat toner tercampur sempurna dengan endapan tepung beras, aromanya ada tetapi lebih kalem dan seperti ada campuran dedaunan dan bunga yang samar. Pemakaian EssenHerb Tea Tree Toner ini memiliki dua cara yakni dengan memakai kapas dan cukup dengan tangan saja. Saya pribadi lebih suka memakai toner dengan tangan saja. Sehingga toner cukup dituang ke tangan, digosok sesaat pada telapak tangan, lalu dioleskan pada wajah dan ditepuk-tepuk halus. Dengan cara seperti itu, saya merasa toner tidak terbuang banyak dan menyerap pada kulit, entah itu kulit wajah atau kulit tangan saya, hehe. Perlu diperhatikan juga tentang kebersihan tangan. Wajib untuk mencuci tangan dan memastikan tangan dalam keadaan bersih saat melakukan skincare routine jika memang ingin mengaplikasikan produk skincare tanpa kapas.

Toner EssenHerb

Toner dari EssenHerb ini memiliki kandungan tea tree ekstrak dan minyak tea tree. Selain itu, ada kandungan niacinamide yang bermanfaat untuk mencerahkan kulit. Ada kandungan seperti glycerin, mint, chamomile, aloe, dll yang menambah manfaat positif pada Tea Tree Toner ini.

Skincare Korea Selatan

EssenHerb Tea Tree Toner ini memiliki tekstur yang cair, cairan tersebut mudah menyerap ke kulit tanpa menunggu waktu lama. Efek yang dirasakan dari penggunaan produk ini adalah kulit lebih lembap dan halus. Jerawat dan kemerahan di kulit pun terlihat lebih kalem. Dengan memakai toner ini, tidak ada efek buruk semacam menambah jerawat, minyak berlebih maupun komedo pada kulit. Sehingga saya sangat nyaman baik dari toner tersebut sebelum digunakan (kesan tekstur, warna, aroma) maupun setelah digunakan (efek yang ditimbulkan selama dan setelah pemakaian).

3.     Jerawat Patut Diperjuangkan dengan Produk yang Tepat

Dengan pemakaian rutin dari EssenHerb Tea Tree Foam Cleanser dan Toner, kulit wajahku semakin bersih. Jerawat yang sebelumnya gampang hadir tanpa diundang, kini lebih jarang datang. Mungkin jerawat muncul di masa-masa tertentu saja seperti saat masa periode bulanan datang. Beberapa jerawat yang sebelumnya ada sudah kempes dan hilang. Akan tetapi, beberapa kejailan yang saya lakukan seperti memencet jerawat membuat bekas kemerahan di wajah. Saya merasa menyesal. Meskipun kalian merasa risih dengan jerawat yang ada di wajah, usahakan untuk tidak mengusiknya dengan cara dipencet, karena itu akan menjadi kesalahan yang fatal.

Pengalaman mengatasi jerawat

 Sekarang saya lebih paham dengan masalah wajah saya dan bagaimana cara mengatasi jerawat secara alami di wajah saya. Beberapa cara tersebut di antaranya : (1) jangan suka menyentuh bagian wajah, karena dikhawatirkan tangan kita sedang tidak dalam keadaan bersih, (2) pakailah produk yang memiliki kandungan tepat untuk masalah yang kamu alami ( misal jerawat, minyak berlebih, dan iritasi kamu bisa mencoba EssenHerb Tea Tree), (3) Jangan terpaku pada waktu, karena skincare yang kamu pakai tidak bisa mengubah masalahmu dengan keajaiban layaknya ibu peri dalam kisah Cinderella, (4) apapun jenis kulitmu, tetaplah memakai sunscreen untuk menangkal UV A dan UV B, (5) jaga hati dan pikiran agar tetap menyayangi diri sendiri dan terus berkembang untuk menjadi lebih baik, jangan terpuruk akan situasi karena proses yang kamu lakukan akan memberi hasil memuaskan.

EssenHerb Sociolla

EssenHerb Tea Tree merupakan satu di antara banyak rangkaian perawatan kulit berjerawat, berminyak, dan iritasi yang bisa dipilih. Untuk pembelian produk ini tersedia di Sociolla baik online maupun offline. Namun, di masa pandemi seperti ini akan lebih nyaman jika kita membelinya secara online pada website sociolla.com . Kalian juga bisa melihat update EssenHerb di instagram mereka yakni @EssenHerb. Sayangnya, instagram tersebut masih official Korea Selatan, mereka belum membuka instagram untuk Indonesia secara resmi.

Mungkin di luar sana banyak pejuang jerawat seperti saya. Pernah merasa down dan tertekan. Merasa jika kita bukan bagian dari orang-orang yang cantik dan dipandang dengan senyum berbinar. Namun, kita harus percaya jika kita bisa menjadi cantik dengan cara kita sendiri. Asalkan, kita tidak berhenti untuk berusaha memberikan yang terbaik untuk merawat diri kita. Terima kasih sudah membaca artikel ini dan sampai jumpa.

Nur Asiyah
Nur Asiyah Penulis yang berkecimpung di dunia fiksi dan memulai langkahnya pada non-fiksi di pena-biru.com

Tidak ada komentar untuk "EssenHerb Tea Tree : Cara Mengatasi Jerawat Secara Alami"