Colocation Server untuk Penyimpanan Data yang Praktis dan Solutif

 

colocation server

Bagi yang berkecimpung dalam dunia teknologi, tentu sudah tidak asing dengan istilah colocation server. Tema ini dipakai untuk menyebut layanan hosting di mana Anda bisa menyimpan server pada data center orang lain. Jadi Anda tidak harus membuat infrastruktur mandiri yang akan dijadikan sebagai ruangan khusus penyimpanan data. Model hosting ini sangat membantu bagi para pelaku bisnis rintisan yang masih belum mempunyai sumber daya lebih untuk membuat data center sendiri.

 

Mengenal Apa Itu Colocation Server

 

  1. Definisi dan Fungsi Server Kolokasi

Sebelum membahas tentang definisi, ada konsep mendasar yang harus dipahami terlebih dahulu. Pada sebuah perusahaan tentu memiliki data-data penting yang jumlahnya tidak sedikit. Data tersebut harus dikelola dalam server penyimpanan yang tepat agar keamanannya terjamin serta terhindar dari resiko hilang data.

 

Colocation server atau disebut juga server kolokasi merupakan layanan yang dapat menyimpan server Anda pada data center orang lain. Gambaran mudahnya, Anda ‘menyewa’ tempat penyimpanan data dari layanan server kolokasi. Namun meskipun berbeda lokasi, Anda tetap bisa mengakses data dari server tersebut kapan saja tanpa harus berada di satu tempat.

 

Ada dua cara yang dapat dilakukan untuk menempatkan server pada data center orang lain melalui berbagai bandwidth. Pertama, Anda mendatangi secara langsung lokasi penyedia layanan server kolokasi, kemudian menginstal mandiri mesin server yang dibutuhkan. Kedua, Anda menyewa mesin server sekaligus dari layanan server kolokasi.

 

Kedua cara tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Namun jika dilihat secara sekilas, cara kedua lebih praktis. Layanan colocation server akan mempersiapkan apa yang dibutuhkan, kemudian memberikan IP, kekuatan server, serta bandwidth pada Anda. Setelahnya Anda sudah bisa mengaksesnya seperti situs web biasa.

 

  1. Kapan Harus Mengoperasikan Server Kolokasi

Kapan Anda harus menggunakan layanan server kolokasi? Sebelum mendapatkan jawaban atas pertanyaan ini, terlebih dahulu Anda perlu paham bahwa website yang telah dibuat tidak selamanya bekerja mulus. Ada kalanya website mengalami down karena trafik padat, atau mengalami loading lama karena server lamban.

kolokasi server


 

Masalah klasik semacam itu bisa diatasi salah satunya dengan menggunakan layanan colocation server. Ketika trafik website sedang tinggi, Anda membutuhkan dukungan server yang optimal agar tidak terjadi loading lama. Upgrading pun diharuskan demi mencegah kondisi serupa terjadi secara berkelanjutan. Saat itulah waktu yang tepat untuk menggunakan server kolokasi.

 

Loading lama bisa menyebabkan bounce rate tinggi yang berimbas pada buruknya user experience website Anda. Akibatnya visitor pun enggan berkunjung lagi ke website bersangkutan. Guna mencegah hal ini, Anda bisa memanfaatkan layanan server kolokasi yang telah menyiapkan satu server utuh hanya demi mempercepat waktu loading website.

 

  1. Keunggulan Server Kolokasi

Saat ini sudah banyak layanan server kolokasi yang menyediakan data center di luar maupun luar negeri. Jika dipertimbangkan lebih jauh, layanan server kolokasi seperti nexdatacenter.com memiliki kelebihan tersendiri. Pertama, dari segi biaya jelas lebih hemat daripada harus membangun infrastruktur IT secara mandiri.

 

Kedua, keamanan data lebih terjamin. Layanan server kolokasi profesional akan menjaga data dengan kunci akses berteknologi tinggi. Ketiga, sistem dan teknologi yang dipakai lebih terstruktur. Jadi sekalipun ada kendala yang terjadi di luar dugaan, tim ahli dari layanan server kolokasi akan membantu mengatasinya.

 

Itulah informasi mendasar seputar colocation server. Untuk bisa membangun infrastruktur IT yang kompleks membutuhkan dana besar. Selain itu, harus ada juga SDM yang akan mengelola dan memanajemennya. Bagi perusahaan rintisan yang baru memulai langkah, tentu itu semua akan memberatkan. Jadi keberadaan layanan colocation data server sangat membantu penyimpanan mega data agar bisa dimanajemen secara optimal.

 

Nur Asiyah
Nur Asiyah Penulis yang berkecimpung di dunia fiksi dan memulai langkahnya pada non-fiksi di pena-biru.com

Tidak ada komentar untuk "Colocation Server untuk Penyimpanan Data yang Praktis dan Solutif "