Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
 pena biru2

Review Erha Truwhite Serum, Day Cream, dan Night Cream

Review Erha Truwhite Serum, Day Cream, dan Night Cream. Halo semua, kukembali untuk mengulas produk skincare. Kali ini aku akan mengulas tak hanya satu produk tetapi langsung tiga produk sekaligus. Mengapa? Karena tiga produk ini berkaitan satu sama lain dan dapat dikatakan sebagai daily series. Produk apakah itu? Yup, produk ini berasal dari brand Erha yakni Truwhite Vit C & Peptides Serum 20 ml, Truwhite Niacinamide & Starfish Essence Night Cream 30 g, dan Truwhite Arbutin & Panthenol Day Cream 30 g.

Review Erha Truwhite


Ketiga produk dari rangkaian Truwhite ini merupakan revolusi terbaru dari rangkain Truwhite sebelumnya yaitu Truwhite Activator Day Cream, Truwhite Activator Night Cream, dan Truwhite Activator C Serum. Rangkaian baru ini bukan hanya kemasannya yang berbeda, tetapi juga kandungan produk yang lebih stabil.  

Erha Truwhite Review


Erha Truwhite Terbaru


Sedikit informasi, pada awalnya Erha merupakan sebuah klinik di Jakarta pada tahun 1999. Kemudian klinik tersebut berkembang dan menciptakan produk kecantikan yang teruji serta aman dipakai oleh masyarakat. Produk mereka pun beragam. Ada yang berfokus pada anti-aging, brightening, acne, sensitive, dll.  

Di samping itu, sebenarnya aku pribadi belum pernah melakukan perawatan kulit di klinik Erha, pun aku tidak pernah memakai produk dari brand mereka. Namun, beberapa waktu lalu aku mendapatkan tiga produk ini untuk uji coba. Setelah aku memakai produk ini sekitar seminggu, aku mulai mengulas produknya di sini. Mengapa kuulas setelah seminggu? Karena dalam produk ini, Erha memiliki klaim bahwa produk Truwhite bisa mencerahkan setelah pemakaian seminggu. Yuk, langsung saja simak review Erha Truwhite dariku.

 

1.     Erha Truwhite Vit C & Peptides Brightening Serum 20 ml

Review pertama, aku bahas sesuai urutan saat kita melakukan skincare routine yakni serum.

A.     Packaging

Serum Truwhite dari Erha memiliki packaging botol yang berbahan dasar plastik. Dari bahan dan bentuknya, kita tidak begitu khawatir jika produk tersebut jatuh karena bahannya yang tak mudah pecah. Warna dasar dari kemasan serum ini adalah hitam dan cokelat. Bagian bawah dan tutup botol berwarna hitam, sementara bagian tengah berwarna cokelat dilapisi putih tempat berbagai informasi tertera. Setengah dari panjang kemasan Erha serum adalah tutup botol. Tutup botol tersebut menyembunyikan pump yang menjadi jalan serum untuk ke luar.

Review Erha Truwhite Serum


Bagian depan kemasan terdapat informasi berupa nama brand dan jenis rangkaian (ERHA Truwhite), nama produk (Vit C dan Peptides Brightening Serum), Manfaat pemakaian (7 Days Brighter), logo (dermatologist formularies), serta ukuran produk (20 ml).

Bagian belakang kemasan berisi informasi tentang kandungan dan manfaat serum secara ringkas, cara pakai, No. BPOM, dan tanggal kadaluarsa. Selain berbahasa Indonesia, terdapat juga informasi berbahasa Inggris.

B.     Tekstur, Warna, dan Aroma

Erha Truwhite Vit C & Peptides Serum 20 g memiliki tekstur cair sedikit kental. Untuk penyerapan pada kulit wajah, dia cukup mudah dan terserap dengan optimal. Warna serum cenderung ke arah putih bersih dengan aromanya seperti obat. Meskipun di hidungku aromanya mengusik, tetapi aku mulai terbiasa setelah melakukan perawatan dengannya beberapa hari.

Erha Truwhite Serum


C.      Ingredients & Mafaat

Jika kamu mencari ingredients secara rinci di balik kemasan Truwhite Serum, kamu tidak akan mendapatkannya. Tetapi kamu akan sedikit tercerahkan dengan membuka website Erha dan men-klik produk serum ini. Selain keterangan harga, di sana juga tercantum detail produk, ingredients, cara pakai, dan ulasan. Untuk ingredients serum sendiri ada vitamin C 10%, Sodium hyaluronate, peptide, bunga water lily, dan bisobolol yang diekstrak dari chamomile.

Vitamin C 10% memiliki manfaat untuk mencerahkan kulit wajah, meningkatkan produksi kolagen, meratakan warna kulit, dan antioksidan. Sodium hyaluronate mampu menghidrasi kulit dan meningkatan elastisitas. Peptide yang diformula sebagai active whitening system dapat mencerahkan warna kulit. Jika biasanya peptide lebih memperlihatkan efek anti-aging, peptide pada produk Truwhite ini fokus pada pencerahan. Bunga water lily dan bisobolol memiliki fungsi menenangkan kulit wajah, antiiritasi, antiinflmasi, dan membantu mencerahkan. 

Truwhite serum yang baru dan Erha Truewhite Activator C Serum memiliki banyak perbedaan. Perbedaan tersebut seperti nama, kandungan, dan packaging. Untuk packaging, Truwhite serum yang baru tidak memiliki informasi yang bertuliskan dengan warna oranye. Posisi tulisan pada packaging lama berada di tengah, sementara pada serum baru ada di bagian kiri dan kanan. Kandungan serum yang lama lebih fokus pada vitamin C, sementara produk yang baru memiliki peptide sebagai komponen yang mendukung tujuan produk.

 

2.     Erha Truwhite Arbutin & Panthenol Brightening Day Cream 30 g

Lanjut pada review kedua yakni day cream. Seperti namanya, tentu kita tahu jika day cream digunakan pada pagi maupun siang hari untuk menutrisi sekaligus melindungi kulit.

A.     Packaging

Cream siang dari rangkaian Truwhite memiliki kemasan botol berbahan plastik, sama seperti serumnya. Dengan bahan dan bentuk yang aman, aku juga tidak khawatir untuk melakukan penyimpanan maupun membawanya di dalam tas saat bepergian. Botol krim ini berwarna putih dengan aksen silver di bagian depan. Smentara bagian belakang juga berwarna putih dengan tulisan hitam. Tutup botol yang melindungi pump cenderung transparan tetapi masih mengandung warna putih.

Review Erha Truwhite Day Cream


Pada bagian depan kemasan terdapat beberapa informasi seperti nama merk (ERHA Truwhite), nma produk (Arbutin & Panthenol Brightening Day Cream), logo (clinically proven, dermatologist formularies), manfaat produk (7 days brighter), dan ukuran produk (20 g).

Pada bagian belakang kemasan mirip dengan informasi pada serum. Hanya saja untuk cream terdapat informasi produsen dan website resmi Erha.

B.     Tekstur, Warna, Aroma

Tekstur dari Erha Truwhite Arbutin & Penthanol Day Crem cenderung creamy. Dia begitu rich tetapi mudah berbaur pada kulit. Warnanya putih bersih. Sementara aromanya cenderung netral, lebih terasa serumnya daripada cream-ny. Krim siang Truewhite ini juga memiliki efek tone up. Sehingga saat dipakai kulitmu akan terlihat lebih cerah.

Erha Truwhite Day Cream


C.      Ingredients dan Manfaat

Bahan spesifik dari Erha Truwhite Day Cream tidak dapat dilihat di balik kemasan secara langsung. Tetapi kamu bisa menemukannya di website resmi milik Erha. Ingredients atau bahan yang terkandung di dalam krim siang ini di antaranya niacinamide, rbutin, amino acid, chromabright, titanium dioxide, panthenol, shea butter, trehalose, glychospere papain/enzim papaya, allantoin, bunga water lily, bisabolol.Niacinamide, arbutin, amino acid, chromabright dapat mencegah hiperpigmentasi dan flek hitam yang ditimbulkan akibat paparan sinar matahari. Titanium dioxide merupakau filter fisik yang dapat menangkal sinar UVA dan UVB.

Day cream Erha ini mengandung SPF 25 dan PA+++. Panthenol, shea butterdan trehalose melembapkan, menghidrasi secara maksimal dan mempertahankan skin barrier. Enzim papaya menjadi eksfoliator almi yng mengngkat sel kulit mati secra hlus dan membuat kulit terlihat sehat. Terakhir, bunga water lily, allantoin, dan bisabolol berfungsi untuk antiiritasi dan antiinflamasi.

Sama halnya dengan serum, day cream terbaru dari Truwhite juga berbeda dibanding dengan day cream sebelumnya. Dari segi nama, day cream sebelumnya memiliki nama Erha Truwhite Activator Day Cream SPF 25 PA++. Packaging-nya tidak begitu jauh, hanya tulisan pada kemasan bagian depan yang berbeda. Sementara kandungan produk lebih banyak daripada krim siang yang lalu.

 

3.     Erha Truwhite Niacinamide and Starfish Essence 30 g

Produk terakhir yang diulas adalah night cream. Penggunaannya dilakukan di malam hari setelah kita bebersih wajah dan bersiap untuk istirahat (tidur).

A.     Packaging

Kemasan Erha Truwhite Niacinamide & Starfish Essence berbentuk botol dengan bahan plastik. Sama seperti dua produk sebelumnya, dengan bahan yang ringan dan tidak mudah pecah aku tak merisaukan produk tersebut akan rusak. Untuk desainnnya, night cream ini memiliki desain yang mirip dengan day cream. Hanya saja bagian aksen silver berada pada bagian atas, sementara day cream memiliki aksen tersebut di bagian bawah. Tulisan ‘night cream’ pun bercetak putih dengan latar hitam. Sementara day cream sebaliknya.

Review Erha Truwhite Night Cream


Pada bagian depan kemasan Erha Truwhite Night Cream terdapat informasi seperti merk dan jenis rangkaian (Erha Truwhite), nama produk (Niacinamide & Starfish Essence Brightening Night Cream), manfaat utama (7 Days Brighter), logo (dermatologist formularies, clinically proven), serta ukuran produk (30 g). Sementara bagian belakang berisi kandungan dan manfaat produk secara singkat, cara pakai, No. BPOM, tanggal kadaluarsa,  informasi produsen, dan website resmi Erha.

B.     Tekstur, Warna, dan Aroma

Tekstur krim malam dari Erha ini cukup rich. Dia tidak bisa dikatakan sebagai cream yang berkonsentrasi rendah dan ringan. Akan tetapi, meskipun dia cenderung krim yang padat, dia bisa diaplikasikan dengan baik dan tergolong mudah menyerap di kulit wajah. Dia tidak meninggalkan kesan tone up meskipun berwarna putih. Aromanya cenderung netral. Dia bukan produk yang memiliki bau menyengat ataupun mengganggu. 

Erha Truwhite Night Cream


C.      Ingredienats dan Manfaat

Yup, sama dengan kedua produk yang kubahas sebelumnya, nighr cream ini tidak memiliki rincian ingredients di balik kemasan. Lagi-lagi aku mencari kandungan yang lebih lengkap dari website resmi mereka (bisa juga websiter store mereka). Kandungan yang ada pada Erha Truwhite Niacinamide and Starfish Essence Brightening Nigh Cream yakni niacinamide, chromabright, starfish essence, sodium hyaluronate, panthenol, dan titanium dioxide.

Niacinamide dan Chromabright memiliki fungsi untuk mencerahkan wajah. Starfish essence berguna untuk membentuk kolagen dan melindungi kulit dari tanda penuaan, Selain itu, dia juga berfungsi untuk antiiritasi dan anti inflamasi. Sodium Hyaluronate dan panthenol bermanfaat untuk mempertahankan kadar air dalam kulit, sehingga kulit tetap lembab dan terhidrasi optimal. Lalu ada titanium dioxide untuk melindungi kulit dari papran sinar matahari (kandungan ini cukup membingungkan di mana produk tersebut merupakan produk yang digunakan pada malam hari).

Perbedaan night cream truwhite yang baru dengan Erha Truwhite Activator Night Cream sama saja dengan day cream. Baik packaging, kandungan utama maupun nama produk. Kandungan yang ada prada produk baru lebih banyak dan lebih stabil dibandingkan yang lama.

 

Penggunaan Selama Lebih Kurang Tujuh Hari

Nah, kini masuk pada review Erha Truwhite berdasarkan pengalaman pakai. Hari pertama aku mencoba serum dengan night cream dari rangkaian Truwhite. Hal pertama yang nyangkut di aku adalah aroma serum yang sedikit menyengat mirip obat dan aroma krim malam yang berbanding jauh dengan si serum. Tekstur serum cenderung ringan sementara krim malam cukup rich.

Lanjut di hari kedua, aku memakai serum bersama krim siang. Day cream yang enak dipakai. dia memberikan efek tone up tetapi terlihat begitu natural pada kulit wajah.

Nah, masalah mulai muncul di hari ketiga. Sangat disayangkan aku memiliki tanda-tanda jerawat dijidatku. Aku pribadi tidak tahu jerawat tersebut muncul karena aku yang mengonsumsi kopi tiap harinya, karena Erha daily series tidak cocok dengan booster serumku, atau memang kulitku yang tidak pas dengan produk tersebut.

Ah, sebelumnya kuberi tahu urutan pemakaianku terhadap tiga produk ini. Pertama, aku membersihkan wajah dengan sabun cuci muka. Kedua, aku memakai booster serum dari Innisfree yakni Green Tea Sees Serum. Ketiga, aku memakai serum dari Erha. Keempat, disusul cream siang dan kututup dengan suncream dari COSRX. Sementara untuk pemakaian malam, urutan pertama, kedua, dan ketiga sama dengan pemakaian skincare pada pagi hari. Kempat, aku memakai night cream.

Review Skincare Erha


Di hari keempat tersebut aku masih memakai booster serum, serum, dan day cream. Lalu, di malam hari akhirnya jerawat itu menunjukkan wujudnya. Tak hanya satu, tetapi dua biji. Satu biji benar-benr berwujud jerawat besar, sementara yang satu masih berupa jerawat kecil. Di malam hari, aku masih mencoba serum dan krim malam yang kumiliki. Mereka tidak meredakan jerawatku, tetapi jerawat tersebut tidak bertambah parah maupun bertambah jumlah, untungnya.

Apakah produk Erha Truwhite benar-benar memberikan manfaat mencerahkan pada kulit setelah satu minggu? Iya. Padaku dia menunjukkan efek positif seperti wajah lebih cerah, tidak kusam, dan terlihat lembap. Namun, amat bikin sedih karena aku memiliki jerawat setelah memakainya. Meskipun tidak banyak, hanya satu dua biji, tetapi bagiku yang tak pernah disambangi jerawat selama beberapa bulan terakhir menjadi sedikit galau.

Eits, tapi aku ingin menegaskan sesuatu di sini. Masalah jerawatku yang muncul bersamaan dengan pemakaian Truwhite Brightening serum, day cream, dan night cream bukan hal yang mutlak. Hal yang kualami belum tentu dialami juga olehmu. Bisa saja kamu mendapatkan hasil cerah dan wajah sehat tanpa masalah. Bisa juga kamu mendapatkan wajah sehat tanpa efek cerah yang signifikan, atau memang kebetulan kamu memiliki hasil yang sama denganku.

Mengapa review Erha Truwhite ini tidak bisa menjadi patokan utama? Karena aktivitas dan sesuatu yang kita konsumsi tidak sama persis. Jenis kulit kita juga belum tentu sama. Ditambah karakter khas kulit kita tentu berbeda. Jadi, hasil yang kudapat belum tentu terjadi di kamu. Jangan takut mencoba produk. Karena satu-satunya hal yang dapat memberi tahu produk tersebut cocok atau tidak padamu adalah dengan mencobanya sendiri.

Nah, itu tadi pembahasan tentang produk terbaru Erha Truwhite serum, day cream, dan nigh cream. Ah, satu lagi. Tiga produk yang kupakai ini dijual di Erha Store. Produk yang dijual di sana bebas diperjualbelikan tanpa resep dokter. Produk tersebut juga sudah memiliki No. BPOM. Jadi bagi kamu yang masih ragu, tidak perlu khawatir lagi.

Mengenai harga, Truwhite serum dijual dengan nominal Rp 185.000,00 , Truwhite day cream dijual seharga Rp 204.500,00, dan Truwhite night cream dijual dengan harga Rp 164.300,00 . Bagi kamu yang berminat bisa langsung kunjungi website mereka, bisa juga di official online store mereka.

Oke, sekian review Erha Truwhite dariku. Semoga artikel ini menambah pengetahuan tentang skincare dan bermanfaat untuk pembaca. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

22 komentar untuk "Review Erha Truwhite Serum, Day Cream, dan Night Cream"

  1. sangat bermanfaat sekali ka..
    aku memang lagi cari skin care yang aman,makasih iya ka..🤗

    BalasHapus
  2. Mayan juga ya erha harganya aku kira mahal banget. Jadi pengen nyoba hihi

    BalasHapus
  3. Erha banyak diomongin noh di kalangan beauty blogger tapi aku blom nyoba huhu, rekomendasi untuk penghilang flek hitam apa ya?

    BalasHapus
  4. Aku sih dulu pengguna brand ini, tapi udah enggak lagi 😀 karena ada efek ketergantungan di kulit ku.

    BalasHapus
  5. Produknya erha sekarang makin lengkap banget ya,, dari dulu penasaran tapi belum nyoba juga nih. Pengen nyoba serumnya soalnya temenku juga pakai serumnya erha yang ini dan hasilnya bagus banget loh di kulitnya.

    BalasHapus
  6. Produk erha uda banyak banget yang review positif makin penasaran untuk coba produk ini selepas lahiran nanti

    BalasHapus
  7. Waduh... Jadi di kemasannya gak ada info ingredients lengkapnya juga ya. Di webnya pun yg diinfoin cm key ingredientsnya aja. Kl gini kan jd susah utk ngira2 bahan yg mana yg bikin jerawat. Thanks for sharing ya

    BalasHapus
  8. Tapi agak sedikit nyusahin Krn ingredients ya harus cek dr website yaaa, ga tertulis di body nya. Tapi setelah mba tulis kalo produk2 ini ada kandungan hyaluronate, aku fix ga bisa pakai sih :(. Aku alergi mba Ama kandungan AHA, hyaluronate acid ato sodium hyaluronate. Kalo pake yg ada kandungan ini, udh pasti bakal breakout kulitku :(.

    Tapi bener sih, bisa jadi buat orang2 yg kulitnya ga sensitif terhadap suatu ingredients, ya baik2 aja pakai produk ini. Intinya, harus tau banget kebutuhan kulit sendiri dan apa2 aja yg bisa bikin kulit kita ga breakout

    BalasHapus
  9. Lengkap banget reviewnya nih kak waaa jadi pengen nyobain hahaha deketku juga ada kliniknya pankapan ah skalian pijet cobain jg

    BalasHapus
  10. temanku pernah cerita tentang produk ini. emang sebagus itu yah kak. Hmmm makasi loh reviewnya. makin takin aku kalau produk ini emang bagus. Meskipun sesungguhnya cocok2kan dengan jenis kuliat kita yah kak. Maccih akkak infonya

    BalasHapus
  11. Ternyata starfish bisa dijadikan bahan dasar skin care ya? Baru kali ini aku tahu ada skin care yang pake starfish. Worth to try kayaknya nih

    BalasHapus
  12. Wah Erha, suka deh dengan produk dari brand ini. Aku cocok dengan series untuk kulit kering sensitifnya. Yang series ini sendiri belom pernah nyoba. Duh jadi kepengen nyoba lagi deh 😁

    BalasHapus
  13. Belum pernah coba produk dari brand Erha sih. Produk daily seriesnya lengkap juga ya Mbak nanti kalau sempat pengen juga ah soalnya sudah sering baca ulasan positif tentang skincare dari Erha

    BalasHapus
  14. Review ini bisa memantapkan hati saat akan beralih ke skincare dengan merk yang sama. Dan kemasan Erha Truwhite lumayan besar juga yaa... Bisa dipakai kurang lebih 8 bulan mungkin yaa..

    BalasHapus
  15. Aku belum pernah pake Erha, baru denger2 tantang produknya aja. Banyak yg mereview kalo produk2 Erha bagus

    BalasHapus
  16. Erha Truwhite Serum, untuk day cream-nya SPF-nya 25 ya ... boleh nih. Lalu harganya, dengan manfaatnya memang worthed yaa. Saya suka hasilnya yang tone up tapi natural. Mantap deh produk Erha ini.

    BalasHapus
  17. Ini beneran enak banget ya serumnya? Kayaknya aku pun harus pake deh biar wajahnya mulus banget hehehe... biar glowing juga hehehe

    BalasHapus
  18. Biasanya kalau aku mw coba skincare baru ak ga pake yg lain lg mba. Jd si kulit bs mengenali dgn baik skincare barunya dan 30 hari kt liat reaksinya.

    Kalau kt pake dan msh mix yg lain bs aja antara 1 dan yg lain ada yg ga cocok makanya kt jerawat. Tp klo dipake fokus 1 demi 1 bs jd cocok ajaaa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dulu aku cenderung serabutan kalau pakai skincare baru, langsung aja dimasukkan ke skincare routine dengan berbagai pertimbangan tentunya. Kalau sekarang coba lebih minimalis, yang penting cleanser, produk baru, kemudian sunscreen. kalau oke satu dua hari aman, ya lanjut coba masuk ke skincare routine.
      Kalau kakak pakai produk skincare baru, untuk rutinitas skincare sehari-hari hanya pakai satu itu saja kah? Misal mau coba toner, tidak pakai cleanser, serum, krim atau sunscreen? Hanya si toner baru saja selama full? Kira-kira berapa hari untuk pemakaian tunggal seperti itu untuk tahu kecocokan? Takutnya kalau terlalu fokus mau coba satu aja, malah bikin wajah bermasalah karena enggak dibersihkan maupun diberi proteksi maksimal.

      Hapus
  19. Banyaakkk banget temen yang merekomendasikan skin care. Sementara masih aku pilih-pilih sih,,,
    Setelah aku baca review ini, barangkali bakal masuk wish list ku nih. Soalnya aku lagi nyari skin care yang bisa mencerahkan, tapi juga menghilangkan kusam...

    BalasHapus
  20. Erha sudah terkenal baik klinik perawatannya maupun produk skincarenya, tapi aku belum pernah coba. Penasaran tuh sama daycream-nya terutama.
    Kalo aku sih suka gak berani dobel serum gitu, kecuali emang direkomendasikan satu merk. Takutnya gak cocok dibarengin makenya.

    BalasHapus
  21. Saya menggunakan serangkaian truewhite, dari Fash wash,toner,serum,day/night cream sama serum booster active glow erha. Setelah seminggu pemakaian muka saya breakout dr jidat,pipi kanan/kiri.pdhl saya tdk prnh jerawatan saya jd bingung... Saya lgsg stop ga pakai lagiii... Niat nya mau benerin muka yg kusam malah jadi jerawat,sampe skrg lg berusaha ngobatin jerawar nya yg belum sembuh². Sedih klo liat muka yang sekarang... Hiikss

    BalasHapus