Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Dia 3 Ingredients Skincare Untuk Kulit Berjerawat di Masa Pandemi

 

Ini Dia 3 Ingredients Skincare Untuk Kulit Berjerawat di Masa Pandemi. Lebih kurang kita bersinggungan dengan Covid 19 selama dua tahun. Dengan adanya pandemi seperti ini, kebiasaan baru pun muncul untuk melindungi diri sendiri dan orang lain. Kebiasaan baru tersebut di antaranya rajin mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, mengurangi mobilitas, dll.

Memakai masker merupakan salah satu cara untuk mencegah penyebaran Covid-19. Dengan pemakaian masker, virus tidak dapat masuk ke tubuh dan kita terlindungi dengan baik. Namun, di balik fungsi masker yang amat penting, ternyata dia juga memberikan efek yang kurang baik untuk kulit wajah. Dengan pemakaian masker dalam jangka waktu yang lama, kulit mudah mendapatkan masalah  seperti kusam, mudah berminyak, gampang berjerawat, dan sensitif.


Ingredients Skincare Untuk Kulit Berjerawat


Demi meminimalisasi masalah kulit wajah yang muncul di masa pandemi, terdapat beberapa ingredients skincare untuk kulit berjerawat yang memiliki manfaat sebagai anti inflamasi, anti bakteri, dan anti oksidan. Ingredients skincare tersebut pun bisa dibilang naik daun di tahun 2020 dan 2021 ini. Sebut saja  Bamboo, Heartleaf, dan Green Tea.

 

1.     Bambu (bambusa vulgaris)

Bagi beberapa orang mungkin bambu terdengar asing untuk sebuah ingredient skincare. Sementara di kehidupan sehari-hari, bambu lebih umum dimanfaatkan untuk bahan bangunan, kerajinan tangan, bahan makanan (tunasnya) dan lain-lain. Sebagai bahan bangunan, bambu dirasa cukup kokoh dan kuat. Sehingga sampai saat ini masih banyak masyarakat yang menggunakannya. Biasanya bambu digunakan untuk membuat gubuk atau tempat singgah di pinggir sawah pula.

Sementara untuk kerajinan tangan, bambu digunakan sebagai bahan berbagai anyaman yang biasa dibuat untuk keperluan dapur seperti kukusan, tudung saji, becek (tempat penyimpanan makanan atau barang). Anyaman bambu yang lebar juga bisa dipakai untuk tembok. Potongan kecil dari mereka juga bisa digunakan sebagai tali.

Bambu memiliki banyak fungsi untuk kehidupan sehari-hari. Ternyata, fungsi yang ada pada bambu tidak berhenti sampai di situ. Air dan ekstrak dari bambu memiliki manfaat yang baik untuk kulit seperti melindungi skin barrier dari bakteri dan jamur, kaya akan anti oksidan, dan berpotensi sebagai anti-radang yang meredakan kemerahan pada kulit. Namun, belum diketahui apakah manfaat tersebut dimiliki oleh seluruh spesies bambu. Karena, beberapa brand memilih air atau ekstrak bamboo vulgaris (bambusa vulgaris) sebagai ingredients skincare unggulan mereka.

Di Indonesia bamboo vulgaris dikenal dengan nama bambu ampel. Batangnya cenderung kekuningan, besar, tebal, dan sulit dibelah. Spesies tersebut berasal dari Cina Selatan, kemudian menyebar di berbagai daerah tropis maupun sub-tropis termasuk Indonesia.


Toner Untuk Kulit Berjerawat


Sebagai ingredients skincare unggulan, bambu memberikan sensasi segar, calming, dan soothing pada kulit. Sehingga, jika kulit sedang bermasalah seperti kemerahan dan berjerawat, produk skincare dengan kandungan bambu bisa menjadi pilihan yang tepat. Beberapa contoh produk skincare bambu adalah KEEP COOL Soothe Bamboo Toner, BE PLAIN Bamboo Hydrating Ampoule, THE PLANT BASE Natur Solution Hydrating Bamboo Water.    

 

2.     Heartleaf (Houttuynia Cordata)

Heartleaf (Houttuynia Cordata) atau biasa dikenal dengan nama amis-amisan adalah ingredients skincare untuk kulit berjerawat dan sensitif yang cocok di masa pandemi. Di kehidupan sehari-hari, ia memiliki manfaat sebagai tanaman obat dan bahan makanan. Perannya sebagai tanaman obat inilah yang membuat beberapa produsen skincare menggunakannya sebagai ingredients skincare yang cocok untuk segala jenis kulit termasuk kulit berjerawat dan sensitif. Tanaman ini memiliki manfaat seperti merawat kulit radang maupun iritasi (anti-inflamasi). Sehingga jerawat yang sedang merah akan lebih kalem dan tidak terasa menyakitkan dengan memakai skincare yang mengandung heartleaf.

Di Indonesia, heartleaf mendapatkan nama amis-amisan bukan tanpa sebab. Tanaman ini memiliki daun yang mengeluarkan bau amis saat daunnya diremukkan. Sehingga, dari situlah tanaman ini mendapatkan nama yang ia sandang hingga sekarang. Tumbuhan Houttuynia cordata ini memiliki tinggi sekitar 0,6 sampai dengan satu meter. Dia mudah tumbuh di tanah yang lembap hingga terendam sedikit air. Dia tergolong tumbuhan yang invasif karena mudah menumbuhkan kembali rimpang dan daun yang hilang.


Heartleaf Skincare


Nah, kembali ke heartleaf sebagai ingredients produk skincare. Apakah produk skincare berbahan utama heartleaf akan berbau amis seperti tanamannya? Sepengalaman saya yang mencoba series Heartleaf dari Abib, tidak ada aroma yang mencurigakan dari produk tersebut. Apalagi untuk bau amis, aroma itu tidak muncul sama sekali. Kemungkinan produk telah diolah sedemikian rupa bersama bahan pendukung lain, sehingga bau khas heartleaf yang cenderung amis tersebut lenyap dan digantikan dengan aroma segar maupun aroma yang tergolong netral. Dari ingredients skincare ini, beberapa produk yang terkenal yakni Abib Heatleaf Calming Toner, Abib Hearleaf Essence, dan Anua Heartleaf 77% Soothing Toner.

 

3.     Green Tea (Camellia Sinensis)

Seperti yang kita tahu, green tea merupakan ingredients skincare yang tersedia sejak dulu dan tetap eksis hingga sekarang. Bahkan, beberapa brand membuat produk andalan mereka dengan bahan baku Camellia sinensis atau yang lebih dikenal dengan nama teh hijau ini. Sebut saja Innisfree, di tahun 2021 ini mereka mengeluarkan formula baru dari produk Green Tea Seed Serum. Mereka meng-upgrade serum teh hijau dengan microbione yakni perpaduan antara prebiotics, probiotics, dan postbiotics. Sehingga manfaat yang diberikan lebih bagus dan optimal.


Green Tea Skincare


Dalam pemanfaatan bahan-bahan utama sebagai ingredients skincare, peran ingredients pendukung dan pengolahan produk juga penting. Saat ini, produk skincare dengan kandungan utama green tea juga mendapat upgrade untuk mengikuti perkembangan zaman dan kebutuhan kulit berbagai kalangan.

Sebenarnya selama ini green tea lebih dikenal sebagai bahan minuman dan obat. Akan tetapi, manfaat green tea untuk perawatan kulit wajah juga tidak kalah bagusnya. Green tea memiliki fungsi sebagai anti radang, anti oksidan, dan anti-aging. Sehingga ingredients ini sering digunakan oleh pemilik jenis kulit berminyak, berjerawat, maupun sensitif sebagai ‘kawan’ kulit mereka. Contoh produk skincare yang mengandung green tea adalah Innisfree Green Tea SeedSerum, Benton Deep Green Tea Toner, dan Bonajour Green Tea Water Bomb.

Nah, itu tadi tiga ingredients skincare untuk kulit berjerawat yang sedang hits di masa pandemi. Sebenarnya masih ada ingredients lain yang bisa diulas juga di sini. Semoga next, bisa sharing lebih banyak lagi. Semoga bermanfaat dan nantikan artikel tentang ingredients skincare untuk kulit kering atau lainnya di sini.

8 komentar untuk "Ini Dia 3 Ingredients Skincare Untuk Kulit Berjerawat di Masa Pandemi"

  1. Aku cowo dan terkadang panas matahari dan debu membuat kulitku kusam dan berjerawat. Sepertinya aku menemukan sebuah solusi yang pantas di coba untuk mengatasi masalah ini.

    BalasHapus
  2. Ada banyak jenis produk buat wajah berjerawat ya.
    Mesti selektif pilih yang sesuai, biar jerawatnya bisa sembuh.

    BalasHapus
  3. Dari semuanya aku pernah coba yang tea tree tapi kurang cocok di kulitku. Sejauh ini untuk mengatasi jerawat dan menenangkan kulit sensitifku ku favoritnya Centela, Celendula, Chamomile dan Aloe Vera.

    BalasHapus
  4. Baru tahu bahan yang namanya bambu dan amis-amisan bisa untuk mengurangi jerawat yaa

    BalasHapus
  5. Selama ini yg biasa aku pake yg ada kandungan green tea sih. JD LBH biasa Ama yg itu dibanding ingredients lain mba. Apalagi kulitku sensitif kalo pake produk2 baru, walopun dibilang aman utk yg sensitif, belum tentu di aku.

    Makanya Krn udh cocok Ama green tea, aku cendrung itu aja laah :D. 1 lagi propolis sbnrnya, yg juga ampuh buat jerawat dan kulit sensitifku

    BalasHapus
  6. ini beneran solusi banget, soalnya kalau kebanyakan keringat dan sinar matahari kulit wajah suka bruntusan. kudu dicoba nih

    BalasHapus
  7. Dengan begini kita jadi tau ya Kak. Bahan yang harus diperhatikan. Ketika membeli produk. Makasih banget kak ini penting sih

    BalasHapus
  8. Wah, ada lagi yg namanya heartleaf unt mengatasi jerawat ya. Namanya bagus tp ternyata aromanya amis, jd penasaran sama skincare yg mengandung ini. Untungnya udh ada ya, jd pasti aromanya udh lbh baik dan yg pake jg nyaman2 aja.

    BalasHapus