Cara Membuat Akun dan Menang Giveaway di Aplikasi Picky (Skincare Made Smarter)

 

Cara Membuat Akun dan Menang Giveaway di Aplikasi Picky. Dengan maraknya produk perawatan dan kecantikan di pasaran, masyarakat memiliki dilema khusus dalam segi pemilihan dan cara penggunaan produk. Dengan sebab tersebut, kini aplikasi atau website yang membantu konsumen juga banyak bermunculan contohnya, Picky. Picky adalah platform yang mirip dengan Female Daily dan Soco. Hanya saja, Picky lebih mendunia dan dapat dipakai oleh siapa saja, tidak terbatas dia dari mana dan berbahasa apa. Sementara Female Daily dan Soco lebih fokus pada konsumen maupun pencinta beauty di Indonesia. Penasaran dengan Picky? Berikut penjelasannya.



1.     Picky (Go Picky)

Picky atau bisa disebut Go Picky merupakan aplikasi yang dapat menganalisis jenis kulit dengan beberapa pertanyaan dan menjelaskan secara rinci ingredients yang terkandung di dalam suatu produk. Selain itu, Picky juga memiliki puluhan ribu produk yang dapat direview oleh penggunanya dan terus di-update hingga sekarang. Di sini, Picky ingin membantu para pengguna produk perawatan dan kecantikan untuk lebih pandai dalam memilah serta memilih produk yang tepat. Selain itu, mereka juga menghubungkan para pengguna dengan adanya diskusi tentang masalah kulit mereka maupun tentang suatu produk.

Picky sendiri diciptakan di Korea Selatan. Pada bulan Maret 2020 mereka merilis aplikasi di App Store. Lalu, pada September 2020 mereka merilis aplikasi di Google Store. Selain itu, mereka juga memiliki blog dan akun Instagram yang bisa disinggahi oleh para peminatnya.

Di dalam aplikasi Picky terdapat beberapa bagian yang bisa kita manfaatkan. Selain itu, mereka juga memiliki penawaran menarik dengan sistem poin.

A.     Beranda atau Home

Pada bagian Beranda atau Home terdapat beberapa highlight yang mengarah pada artikel di blog resmi mereka yakni blog.go.picky. Kemudian, di bawahnya terdapat gambar jenis-jenis perawatan kulit seperti cleansers, toners, exfoliators, dll.

Urutan ketiga, ada promosi giveaway yang bisa diikuti dengan ketentuan dan syarat khusus. Biasanya, pengguna bisa berpartisipasi dalam giveaway dengan cara menukar poin sejumlah 1000, 3000, 5000, bahkan 8000. Giveaway tersebut bisa diikuti oleh semua pengguna (Picky Reviewer) dan Super Picky Squad (para pengguna yang paling aktif dan bermanfaat untuk pengguna lain). Seperti biasanya, giveaway akan berpihak pada siapapun yang beruntung.

Di urutan keempat ada daftar beberapa nama yang menjawab pertanyaan terbanyak di bulan tersebut. Kemudian, terdapat juga satu review terbaik yang paling membantu pada bulan tersebut. Terakhir, tiga besar brand kecantikan yang paling banyak disebut pada diskusi.

B.     Search atau Pencarian

Di bagian inilah kamu bisa mencari produk yang kamu inginkan. Di bagian ini kamu bisa menyesuaikan kategori produk, permasalahan kulit, kandungan yang diinginkan, dan hal-hal khusus yang ingin kamu temukan atau malah kamu hindari pula. Jika kamu membuka bagian SEARCH, kamu akan langsung dihadapkan dengan beberapa urutan produk yang popular seperti brand COSRX, The Ordinary, Iunik, dll. Di bagian ini terdapat beberapa filter yang bisa digunakan yakni Category, Ingredients, Concern, dan Atribute.

Categori : berisi jenis-jenis produk perawatan kulit seperti cleansers, toners, moisturizer, masks, eye care, lip care, dsb.

Ingredients : kita bisa mencari ingredient khusus yang kita butuhkan di sini. Bisa juga langsung meng-klik popular ingredients seperti niacinamide (B3), retinol (A), salicylic acid, hyaluronic acid, dsb.

Concern : kita juga bisa menfokuskan masalah kulit yang ingin kamu tanggulangi. Di sini kamu bisa memilih perawatan yang cocok untukmu seperti anti-aging, brightening, pore care, soothing, dll.

Attribute : Apakah kamu seorang vegan? Di aplikasi Picky, vegan bisa memilih skincare yang cocok dengan cara menekan attribute VEGAN. Selain itu, banyak antribut lainnya seperti alcohol-free, cruelty-free, sulfate-free, dll. Sehingga bagi kamu yang memiliki alergi terhadap suatu kandungan, bisa disesuaikan di sini.

C.      Discuss

Sebelum bernama Discuss, bagian ini bernama Question, karena di bagian inilah banyak pertanyaan dari pengguna Picky. mereka ingin mendapat jawaban dari kawan-kawan pengguna lainnya.

Pertanyaan yang dikeluarkan bisa seputar masalah kulit, suatu produk, dan skincare rutin yang dilakukan oleh orang lain. Selain itu, ada juga bagian khusus untuk suatu negara seperti Melayu, Filipina, dll. Apakah ada kolom khusus untuk Indonesia atau Bahasa? No, sayangnya belum ada. Semoga akan ada nantinya.

D.     Routine

Di bagian ini kita bisa membuat daftar skincare routine kita dengan beberapa produk yang kita miliki. Pembuatan skincare routine ini haruslah urut dari cleanser, toner, serum, moisturizer, sampai dengan masker tidur atau proteksi (sunscreen). Apapun produk yang kamu pakai, tidak masalah untuk membagi dan membuat daftarnya di sini. Karena bisa saja orang lain terinspirasi oleh skincare routine yang kamu lakukan.

E.      Inbox

Inbox berisi tiga bagian yakni News, Notifications, dan Giveaways. Bagian News berisi tentang update Picky seperti informasi seputar skincare maupun pembaruan sistem yang Picky lakukan. Untuk kolom Notifications, terdapat pemberitahuan tentang interaksimu dengan pengguna lain. Misal, kamu membuat pertanyaan dan ada orang lain yang menjawab. Juga bisa dalam bentuk, jawabanmu diapresiasi oleh penanya sehingga di-like atau di up-vote.

Kolom terakhir dan yang paling dicintai yakni Giveaways. Kolom ini berisi daftar Giveaway yang sedang berjalan. Jika kamu sudah mengikuti, akan ada tulisan participated di sana. Jika belum, giveaway tersebut akan terlihat tetap menyala terang.

F.      Profile

Di bagian inilah semua tentangmu terlihat. Nama akun, jumlah poin, foto, tipe kulit, masalah kulit yang ingin diselesaikan, review produk, pertanyaan yang pernah dibuat, hingga request product yang belum muncul di aplikasi Picky.


2.     Bagaimana Cara Membuat Akun di Picky?

Untuk membuat akun dan mendaftar di Picky, kamu harus memiliki aplikasi tersebut. Sehingga kamu harus mengunduhnya baik di Google Play maupun App Store. Setelah itu, kamu buka aplikasi Picky untuk mendaftar. Kamu bisa mendaftar melalui akun Facebook maupun email. Berikut urutan saat kamu mendaftar melalui email.

Setelah menekan pendaftaran melalui email, akan muncul halaman seperti gambar di bawah ini. Kamu harus mengisi email dan password Picky-mu. Jangan lupa untuk menuliskan password kembali di bagian kolom yang tersedia, kemudian klik Sign Up.

Picky akan meminta informasi umum darimu berupa foto, nama, bio, gender, dan ulang tahun. Selain itu, akan ada kolom invite code, kamu bisa memakai KODE  D87EA8BD. Setelah itu, kamu bisa klik DONE yang ada di pojok kanan atas.



Setelah itu akan ada Picky Skin Type Analyzer. Jika kamu masih bingung atau ragu dengan jenis kulitmu, kamu bisa mengikuti analisis jenis kulit ini dengan menjawab 14 pertanyaan. Namun, jika kamu sudah yakin dengan jenis kulitmu, kamu bisa menekan pilihan I already know my skin type! Sehingga kamu bisa lanjut ke tahap selanjutnya.


Di Picky, terdapat empat jenis kulit. Kering cenderung sensitif, berminyak cenderung sensitif, dan lainnya adalah kulit kering serta kulit berminyak.

Setelah analisis tipe kulit selesai, kamu akan diminta memilih tujuan apa yang kamu inginkan pada aplikasi Picky. Ada beberapa pilihan skin goals macam Brightening, Soothing, Acne Free, Pore Care, dll. Silakan dipilih sesuai kebutuhan kulitmu. Merasa bingung dan ingin ambil semua? Tidak masalah, ambil saja sesuka hati karena tujuan dari semua itu pada dasarnya baik, hehe.

Tekan tulisan Finish dan…. Sudah, selesai. Kamu bisa menikmati fitur yang telah dijelaskan sebelumnya.

Seperti penjelasan di awal. Picky memakai bahasa Inggris sebagai bahasa komunikasi global. Dikarenakan Picky memang digunakan oleh seluruh orang di belahan dunia, sehingga setidaknya ada satu bahasa yang bisa mereka pakai untuk saling terhubung yakni bahasa Inggris. Merasa tidak mahir? Aku pun begitu. Untungnya ada banyak aplikasi grammar dan terjemah seperti Google Terjemah untukku bisa berkomunikasi dengan orang lain di Picky. Selain itu, aku juga mengunduh aplikasi Cake di Google Play untuk mengasah bahasa Inggris sehari-hari. Jadi, keterbatasan bahasa tidak membuatku menyerah dan mengurungkan niat memakai Picky. Malah hal tersebut memacuku untuk belajar bahasa Inggris lebih baik lagi sekaligus belajar tentang skincare dan seluk beluknya.

3.     Bagaimana Cara Menang Giveway di Picky?

Sebelum berpikir untuk menang, ada banyak urutan yang harus dilakukan dalam mengikuti giveaway Picky. Pertama, tentu saja kamu harus mengumpulkan poin. Bagaimana cara mengumpulkan poin? Kamu bisa mengulas suatu produk, menjawab pertanyaan, membuat pertanyaan, dll. Di setiap aktivitas tersebut, kita bisa mendapatkan poin dengan jumlah yang berbeda-beda. Setelah kita memiliki poin yang cukup, kita juga harus mengintip instagram Picky. Biasanya, ketentuan Giveaway juga diunggah di sana. Mungkin kamu harus tag tiga teman atau membagi poster Giveway di story instagrammu. Setelah semua dilakukan, kamu bisa langsung mendaftar Giveaway di aplikasi Picky. Kamu akan dimintai email, akun Instagram, dll. Di hari pengumuman, jika kamu beruntung, kamu akan dihubungi via DM instagram dan Email. Di sanalah kamu bisa mengikuti instruksi selanjutnya untuk klaim hadiah.

Pada awal Februari ini Picky mengadakan Giveaway bersama Abib. Mereka akan mengambil 200 pemenang, 100 pemenang dari USA alias Amerika dan 100 pemenang global yang bisa berasal dari mana saja. Saat itu aku mencoba ikut. Giveaway ini juga menjadi giveaway pertamaku di Picky. Aku mengunduh aplikasi tersebut via Google Play dan membuat akun melalui email. Setelah itu aku coba review beberapa produk untuk mengikuti giveaway tersebut. Aku juga mengikuti syarat tambahan yang tertera di Instagram. Tepat hari Rabu tanggal 10 Februari aku dikabari via instagram dan email jika aku terpilih sebagai pemenang giveaway Abib Soothing Set bersama 99 orang lainnya. Proses klaim hadiah masih berjalan hingga tanggal 16 Februari dan pengiriman akan dilakukan setelah itu. Penasaran dengan hadiah tersebut? Aku akan membuat review dan sedikit memberi kesan tentang hadiah tersebut saat produk sudah tiba nanti. Tunggu ya!

Merasa atau tidak, saat ini perkembangan produk perawatan dan kecantikan begitu pesat. Brand baru bermunculan, produk dengan kandungan yang sedang naik daun pun begitu meriah di pasaran. Jadi, sebagai pengguna kita tak bisa menelan semua itu mentah-mentah. Kita harus memiliki pengetahuan dasar sebelum mengambil sebuah produk untuk kita pakai. Jika kita memiliki uang yang cukup untuk konsultasi pada ahli, pasti hal tersebut sangat menyenangkan. Namun, tak semua orang bisa melakukan hal tersebut, sehingga aplikasi semacam Picky ini akan sangat membantu. Tak hanya Picky sebagai aplikasi, tetapi orang-orang di dalamnya yang saling mendukung dan memberi semangat untuk menjadi sosok yang lebih cerdas dalam perjalanan kecantikan adalah hal yang sangat positif.

Bagi kamu yang tertarik untuk membuat akun di Picky, silakan mencoba. Tidak ada salah dan ruginya. Karena dalam hal ini pengalaman adalah jalan yang baik. Merasa tidak butuh? Tidak masalah, kamu tidak perlu menginstalnya di ponsel. Atau sudah menginstal tetapi merasa tak cocok. Tak apa, itu juga sebuah pilihan. Jadi, semua bergantung pada keinginan masing-masing. Tapi, jika kamu merusaha merawat diri dengan semua produk yang bersliweran saat ini dan tak mengantongi informasi apapun, itu hal yang berbahaya. Jadi, sebaiknya tetap bekali diri agar kita berada di jalan yang baik. 

Nur Asiyah
Nur Asiyah Penulis yang berkecimpung di dunia fiksi dan nonfiksi. Ibu dari baby Nbi. Ibu muda yang menyukai hal-hal cantik yang membuatnya bahagia.

15 komentar untuk "Cara Membuat Akun dan Menang Giveaway di Aplikasi Picky (Skincare Made Smarter)"

  1. Enaknya kalau ada aplikasi kayak gini yang lebih user friendly terutama buat pemula. Jadi bisa paham mengenai produk-produk dan manfaat kandungan di dalamnya ya kak. Aku aja baru-baru ini paham urutan merawat kulit. Dulu bahkan pulang kantor cuma cuci muka aja. Sekarang udah paham gimana urutan yang benernya dan produk mana yang emang bagus dan sesuai sama kulit wajah

    BalasHapus
  2. pengen tahu jelas juga ah jenis kulit saya, sekarang bisa lebih mudah ya dengan adanya Picky ini.
    apalagi sekarang masih menghindari banget sebenarnya ke tempat umum, salah satunya ya salon ataupun klinik kecantikan walau udah lama banget pengen peeling lagi :D

    BalasHapus
  3. Wah menarik banget ini informasinya
    Aku baru tau lho ada aplikasi begini. Pengen coba jadinya
    penasaran juga pengen tau jenis kulit saya biar pas perawatannya

    BalasHapus
  4. Aplikasinya uniknya, bisa langsung mengetahui jenis kulit. Cuma karena pakai bahasa inggris, kalau gak mahir jadi kerepotan nih

    BalasHapus
  5. Hmmmmm, apakah saya perlu kasih tau ke istri? Hahaha, siapa tau bisa beruntung menang giveaway di Picky ya. Tidak ada salahnya mencoba terlebih dulu kan.

    Makasih infonya ya

    BalasHapus
  6. wah menarik juga nih buat ikutan aplikasi PIcky, udah dpt tipsnya nih biar menang GA-nya hihih

    BalasHapus
  7. Auto kepengen langsung download aplikasi picky ini donk aku kak..
    Lengkap banget aplikasi ini ya, mulai dari cek jenis kulit sampe punya give away.. hihi jadi pengen nih ikutan giveaway nya..

    BalasHapus
  8. Wow, Picky. Aplikasinya pasti banyak didownload sama yang baru mau mengikuti rejimen perawatan kulit lengkap. Pastinya aplikasi ini sangat membantu newbi buat mengenal lebih jauh jenis kulit dan perlakuan yang tepat untuk kulitnya. Tentunya hasilnya adalah berjodoh dengan skincare tepat, sehingga dampak negatif, seperti iritasi akibat pemakaian skincare yang tidak cocok bisa dihindari.

    BalasHapus
  9. Wah, ada aplikasi yang bisa membantu pengguna memilih skincare juga ya Mbak. Mudah-mudahan bisa segera tersedia pengaturan bahasa Indonesianya. Aplikasinya layak dicoba oleh kaum ibu

    BalasHapus
  10. simpel banget yaa untuk dapatkan pemenang giveaway cukup dari aplikasi atau platform picky

    BalasHapus
  11. Mantep banget nih aplikasi Picky. Sangat bermanfaat buat para bu ibu yang memang identik dengan skin care...hehe..tapi bisa juga kali ya buat kaum hawa. Semoga menang nih giveaway nya

    BalasHapus
  12. Wah seru ya. bisa dapat giveaway paket kecantikan. mau juga dong. kita bisa pilih jenis skincare yang kita mau ya di picky. saya suka yang vegan. ah jadi penasaran pengen nyobain.

    BalasHapus
  13. wah bisa analisis jenis kulit ya di picky. Mau cobain ah, daftar dan melakukan analisis jenis kulit di situ. Bisa ikut giveaway juga, asyik ini kalau bisa menang. Lumayan bisa menghemat pengeluaran beli skincare

    BalasHapus
  14. Apakah laki-laki itu juga peduli dengan kulitnya sendiri? Biasanya kan perempuan ya? Tapi, dengan adanya aplikasi ini, setidaknya kalau dia tidak butuh, bisa direkomendasikan untuk dicoba istrinya. Kalau tidak, ya, coba rekomendasi ke istrinya orang. Lho?! Hehe...

    BalasHapus
  15. wajib dicoba nih.. udah sering ikut giveaway ngga pernah menang hihi, siapa tau ikut giveaway di picky menang ya kak

    BalasHapus

Posting Komentar